July 12, 2017

Tanaman Hias Spider Plant


Disebut dengan nama Spider Plant, karena tanaman hias yang satu ini corak daunnya yang tumbuh banyak di sekitar tunas membentuk jaring laba-laba. Saya mempunyai dua jenis tanaman hias spider plant berdasarkan warnanya, yaitu warna hijau dengan corak gading dan warna ungu. Bila ujung daun dari tanaman ini menyentuh tanah, maka akan terbentuk tunas baru yang membentuk sekumpulan daun spider plant. Jadi cara perkembangbiakan tanaman ini bisa menggunakan daunnya yang mampu merambat.
Dari beberapa literasi saya menemukan informasi bahwa tanaman hias ini walaupun bentuknya sederhana, memiliki khasiat sebagai penyerap debu yang berterbangan. Termasuk menyerap debu yang mengandung bakteri kanker dalam ukuran sangat kecil (baik virus maupun bakteri). Walaupun bisa menyerap debu, sebaiknya anda jangan pernah menyimpan tanaman hias ini di dalam ruangan, karena mampu menyerap oksigen yang dibutuhkan manusia dalam jumlah banyak. Sehingga ruangan akan lebih terasa pengap. 
Tanaman hias spider plant bisa juga disimpan dalam pot untuk kemudian di gantung dalam tiang penyangga menggunakan kawat. Hal ini dilakukan agar lebih mempercantik tampilannya, juga mengoptimalkan fungsinya dalam menyerap debu di udara. Jika pot tanaman hias spider plant ini disimpan di media lantai atau tanah, memungkinkan ujung daunnya memperbanyak diri membentuk kumpulan daun-daun baru dan kurang dalam proses penyerapan debu di udara.
Di lihat dari namanya, tanaman hias spider plant berasal dari negara lain yaitu dari negara kawasan Aprika. Sekarang, tanaman hias ini sudah menyebar ke tiap negara termasuk negara wilayah Erofa, Amerika, dan Asia.

2 comments:

  1. saya baru tahu ternyata ada tanaman kayak spider plant, soalnya saya termasuk jarang memperhatikan bunga walaupun sering lihat. Kalau tanaman ini ditaruh di pojok ruangan boleh gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mas Bimo saya juga lagi belajar mengenali tanaman. Spider plant lebih cocok digantung di pelataran rumah. Kalau di pojok ruangan boleh saja, asal jangan banyak. Cukup satu pot saja, itu pun untuk siang hari. Salam sehat selalu buat keluarga semua. Amiin

      Delete

ENTRI UNGGULAN

Tanaman Hias Daun Mutiara (Pilea Cadierei)

Setelah mencari deskripsi untuk tanaman hias daun mutiara, tidak banyak situs yang menampilkan pemaparan tentang tanaman hias daun ini...

PALING POPULER