July 14, 2017

Tanaman Hias Palem Raja


Tanaman hias yang satu ini diberi nama Palem Raja dengan nama latin Roystonea Sp (latin). Palem Raja berasal dari daerah tropis di benua Amerika. Sesuai dengan namanya, palem raja memiliki anatomi pohon yang besar, dengan diameter bisa mencapai 45 centi meter dan ketinggiannya bisa mencapai 20 meter lebih.
Dimana anda sering menemukan tanaman hias ini? jawaban yang paling tepat adalah di depan halaman masjid. Tempat kedua dimana kita sering menjumpai palem raja adalah di taman kota, di sekitar trotoar alun-alun dan di tempat terbuka lainnya. Yang jelas, tanaman hias yang satu ini kurang cocok bila ditanam di depan rumah, mengapa? karena selain diperlukan halaman yang luas, ditinjau dari sisi keamanan harus dipertimbangkan. Pohon yang tinggi besar dan batang yang panjang cukup berbahaya jika tertiup angin yang besar dan menimpa rumah. Sehingga, diperlukan perhatian yang ekstra jika anda ingin menanam jenis palem ini. Sejumlah intansi pemerintah menanam palem ini di sekitar halaman kantor, karena disediakan petugas khusus perawat taman dan kebun.
Cara memelihara palem raja bisa dikatakan tidak susah alias mudah. Karena jenis tanaman ini mampu bertahan di daerah panas dan kering. Namun, bukan berarti tanaman hias ini tidak membutuhkan air. Siramlah palem raja sesuai kebutuhan (bisa seminggu dua kali), yang jelas jangan sampai terdapat genanangan air di bawah pohon palem ini, karena bisa menyebabkan pembusukan pada akarnya.
Pemupukan bisa dilakukan pada musim hujan, dengan intensitas sebulan sekali. Beri pupuk NPK dengan kadar sekitar 0.5 kg per tanaman yang mempunyai ketinggian di bawah tiga meter. Untuk palem raja dengan ketinggian lebih dari tiga meter bisa diberikan NPK sebanyak 1 kg. 
Tanaman palem yang satu ini sangat menyukai tumbuh di daerah tanah yang mengandung pasir, sehingga sebelum menanam, bisa digali tanah dengan kedalaman secukupnya untuk kemudian ditimbun bibit palem dengan tanah yang sudah mendapat campuran pasir.

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

Keindahan Pada Corak Daun Jawer Kotok

Selama kurang lebih satu minggu, hujan turun hampir tiap hari. Alhamdulillah, rezeki yang luar biasa. Dengan air hujan, banyak sekali ...

PALING POPULER