July 9, 2017

Bunga Dengan Rasa Asam


Sampai saat ini saya belum tahu nama dari bunga ini. Mencoba bertanya pada tetangga, teman yang bertamu ke rumah, dan yang pasti saya cari informasi melalui internet juga masih belum ditemukan. Entah siapa yang tahu nama bunga ini. Kalau anda tahu nama bunga ini, tolong berbagi ilmu dengan saya untuk menambah perbendaharaan nama-nama bunga.
Pohonnya berwarna hijau dengan bagian pohon yang berbuku, daunnya memiliki dua warna yaitu warna hijau untuk bagian luar dan warna ungu untuk daun bagian dalam. Batang bunga berwarna merah sama persis dengan warna bunganya. 
Keunikan dari bunga ini yaitu bila dicoba digigit kelopak bunganya akan terasa asam. Bentuk dari bunga ini menyerupai gambar hati dan ukuran kelopak bunga kecil dengan lebar sekitar satu centi meter. 
Saya mempunyai sekitar empat pohon dari bunga ini. Bila ada orang yang bertanya "bunga apakah ini?" saya hanya menggelengkan kepala dan tersenyum karena masih benar-benar tidak tahu nama apa yang cocok untuk bunga ini. 
Sedikit berbagi pengalaman dalam menanam bunga ini yaitu bisa dibudidayakan dengan cara stek batang. Tancapkan batang bunga yang sudah cukup tua ke tanah dengan panjang kira-kira 40 centi meter, beri pupuk kompos dan jangan lupa untuk disiram dengan rutin pada tiap pagi dan sore. Anda jangan khawatir bila batang yang anda tanam mulai mengering termasuk bagian daunnya. Tunggu sekitar dua minggu kemudian, maka akan muncul bakal daun dari batang pohonnya. Baru setelah satu bulan kemudian bakal daun yang muncul akan tumbuh menjadi daun yang besar dan sempurna, disamping daun-daun yang sudah tua akan mengering. Pada saat usia tanam mencapai tiga bulan, tunas baru akan muncul di dekat pohon bunga utama tadi. Seiring dengan tunas, biasanya bunga dengan kelopak berwarna merah terang akan keluar secara bercabang dari tiap batang pohonnya.

1 comment:

ENTRI UNGGULAN

Budidaya Bambu Hias Cukup Mudah

Indonesia memiliki banyak jenis bambu. Diantara keanekaragaman tersebut terdapat beberapa jenis bambu yang bisa dijadikan bambu hias d...

PALING POPULER