July 28, 2017

Bunga Stepanot Ungu (Garlic Vine)


Bunga Stepanot Ungu sering disebut dengan Garlic vine atau dengan bahasa laitn disebut Mansoa Alliacea merupakan jenis bunga yang berasal dari sekitar negara Amereka Selatan bagian utara. Merupakan salah satu jenis bunga yang cukup unik. Bentuk bunga ini menyerupai terompet dengan batang pohon yang merambat, dan tumbuh dengan ketinggian mencapai satu meter.
Bunga jenis ini memiliki nilai jual yang cukup lumayan. Untuk bunga yang sudah dewasa dengan ketinggian 50 centi meter, bisa dihargai dengan nilai antara 30 sampai 40 ribu. Ternyata bunga ini memiliki nilai jual yang bisa menjadi referensi bagi para peminat dan pebisnis bunga.
Sejumlah keunikan dari bunga Stepanot ungu adalah memiliki aroma khusus jika kita meremas bagian kelopak bunganya. Setelah diremas coba anda cium bau di tangan anda ! Maka akan tercium bau bawang putih. Dikarenakan bau bawang putih yang dihasilkan oleh bunga ini, maka bisa dijadikan sebagai tanaman bunga pengusir ulat. Sehingga sangat cocok bagi anda para petani bunga atau pun pecinta bunga yang suka membudidayakan dan menanam tanaman hias atau pun bunga di halaman rumah untuk mengusir ulat yang suka merusak daun bunga atau tanaman hias. Cukup ditanam satu pohon bunga Stepanot ungu di taman bunga anda untuk mengusir ulat. Mengapa tidak menanam dalam jumlah banyak? Karena bunga Stepanot ungu mampu tumbuh dan berkembang dengan cara merambat, sehingga tidak dibutuhkan banyak pohon sebagai penangkal ulat.
Keunikan lain dari bunga Stepanot ungu adalah mempunyai kemampuan mekar dalam tiga hari. Cukup cepat dibandingkan dengan proses bunga jenis yang lain. Sehingga, dalam waktu yang singkat jenis bunga ini bisa menghiasi taman anda. Bunga ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias pagar.
Penanaman dan perawatan bunga Stepanot Ungu tidak susah. Hanya dengan cara stek batang, anda bisa membudidayakannya dengan mudah. Dan, cukup menggunakan media tanam berupa tanah biasa dengan dicampur sedikit kompos, tanaman hias ini akan tumbuh dengan baik. Untuk tindakan perawatan, anda cukup menyiramnya dalam intensitas 1 kali sehari. Bisa juga ditambahkna pupuk NPK untuk mempercepat pertumbuhan bunga ini dalam tempo satu bulan sekali. 
Lokasi tanam yang tepat untuk Bunga Stepanot ungu adalah areal tanah yang terbuka dan harus terkenal langsung oleh sinar matahari. 

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

Keindahan Pada Corak Daun Jawer Kotok

Selama kurang lebih satu minggu, hujan turun hampir tiap hari. Alhamdulillah, rezeki yang luar biasa. Dengan air hujan, banyak sekali ...

PALING POPULER