July 16, 2017

Tanaman Hias Bougenville


Kali ini saya akan memaparkan tentang tanaman hias yang berbunga indah dan mempunyai variasi warna yang beragam. Ya, Bougenville, di Indonesia tanaman hias ini lebih populer disebut dengan nama bunga kertas, karena seludang bunga bila diraba akan menyerupai tipis dan teksturnya kertas. Bagian yang sering disebut bunga berwarna-warni pada bougenville, sebenarnya bukan bunga, melainkan seludang (daun pelindung bunga) yang berfungsi menjaga bunga majemuk berbentuk kecil di dalamnya. 
Tanaman hias Bougenville memiliki batang pohon yang keras dan susah untuk tumbuh dengan tegak. Bougenville sangat cocok untuk ditanam di halaman rumah dengan perawatan yang cukup mudah. Penting untuk diperhatikan, bahwa memangkas daun dan cabang Bougenville secara rutin (dua bulan sekali) agar tanaman ini tidak menjulang terlalu tinggi. Bila dibiarkan tanpa pemangkasan, ketinggian Bougenville bisa mencapai 10 meter. Coba anda bayangkan, jika di depan halaman terdapat Bougenville dengan ketinggian seperti itu ! Tentu kurang enak dipandang.
Tanaman hias Bougenville bisa dibudidayakan dengan cara stek batang dan sambungan batang (okulasi). Bila anda menanamnya dengan cara stek batang bisa dilakukan dengan sederhana, cukup mengambil batang yang tua, untuk kemudian ditancapkan di tanah yang subur. Langkah selanjutnya tinggal diberikan pemupukan baik dengan pupuk kandang maupun kompos. 
Cara menanam (budidaya) Bougenville yang sedang menjadi tren para pecinta tanaman hias dan bunga adalah dengan teknik menyambung (okulasi). Karena Bougenville memiliki variasi warna seludang bunga yang beragam (merah, ungu, pink, putih, dan sebagainya), teknik menyambung akan menghasilkan variasi warna yang berbeda dalam satu pohon Bougenville. Harga dari Bougenville hasil penyambungan dengan dua atau tiga warna seludang bunga yang berbeda akan lebih tinggi dibandingkan dengan Bougenville dengan satu warna.
Untuk perawatan Bougenville, berikan penyiraman secukupnya. Jangan terlalu sering disiram, karena jika akar Bougenville terlalu basah dalam waktu yang lama, memungkinkan terjadinya pembusukan. Semprot daun tanaman Bougenville yang masih muda dengan cairan pembasmi hama. Dan, jika anda menginginkan variasi bentuk dari Bougenville, anda bisa merangkai seludang bunga yang berderet dengan bantuan kawat untuk membentuk pola tertentu. Sehingga rangkaian seludang bunga akan tampak lebih indah.

4 comments:

  1. bunga nan elok lambang kesucianmu.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bila ditanam di halaman rumah, taman alun-alun, dan halaman perkantoran juga sangat cocok

      Delete
  2. bunag yang sering dipake di taman-taman nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mas Bimo. Terlebih bila dilakukan teknik menyambung (okulasi) dari berbagai bougenville dengan warna yang berbeda bisa menghasilkan dalam satu pohon terdapat dua atau tiga warna

      Delete

ENTRI UNGGULAN

Budidaya Bambu Hias Cukup Mudah

Indonesia memiliki banyak jenis bambu. Diantara keanekaragaman tersebut terdapat beberapa jenis bambu yang bisa dijadikan bambu hias d...

PALING POPULER