July 1, 2017

Maha Karya Tuhan Pada Motif Daun Tanaman Hias


Pernahkah anda mengamati motif pada daun tanaman hias? Jika pernah, coba anda renungkan betapa Indahnya Kuasa Yang Maha Indah. Saya sering mengamati begitu banyak corak lukisan Yang Maha Kuasa ditorehkan dengan Maha Sempurna pada mahluk yang Dia Kehendaki. Sebagai contoh, pada daun tanaman hias pada poto di atas sungguh Maha Karya Sang Pencipta. 
Dari sekian banyak motif yang terdapat pada tumbuhan (tanaman hias), kita sudah memanfaatkannya dalam corak batik yang sering kita pakai. Tindakan meniru motif yang terdapat pada daun, bunga, binatang, pohon, dan sebagainya tidak akan pernah melanggar hak cipta, karena dibuat langsung oleh Maha Pencipta. Betapa baiknya Tuhan pada kita, Dia tidak menuntut atas tindakan meniru yang kita lakukan? Hanya cukup dengan bersyukur dengan ucapan "Alhamdulillahir Rabbil 'Alamin", seluruh umat manusia diberikan hak yang sama untuk memanfaatkannya.
Betapa banyaknya dan tidak terhitung dari apa yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Sehingga, harus malu pada Tuhan, jika kita dihadapkan dengan sedikit ujian dalam hidup. Padahal, ujian yang diberikan Tuhan kita bertujuan agar kita "lulus" dan "naik kelas" di hadapan Tuhan. 
Jangan terlalu banyak mengeluh! Kalau bisa dikurangi, karena ketika kita sering mengeluh, Tuhan Maha Mendengar dan Maha Mengetahui isi hati manusia. Lebih banyak bersyukur dalam berbagai keadaan adalah solusi untuk masalah yang dihadapi.
Kembali pada motif tanaman hias yang tumbuh dengan sempurna. Bagi kita yang harus terus belajar sepanjang hayat, jangan lupa bahwa Tuhan mendidik kita dalam tiap gerak dan langkah. Apa yang dilihat, didengar, dicium dari alam sekitar adalah bahan pembelajaran yang tidak akan habis dituliskan dalam pengetahuan manusia yang sedikit.
Dari paparan di atas, saya tidak bermaksud untuk menggurui orang lain, yang jelas semua pelajaran ini saya tujukan untuk mendidik diri ini yang masih sangat dangkal dalam ilmu. Ada pun diantara para pembaca yang melihat adanya kebenaran dalam tulisan ini, tentu kebenaran tersebut bukan berasal dari diri saya, melainkan datang dari Tuhan Yang Maha Pintar.

2 comments:

  1. Baru lihat kalau daun bambu Jepang yang bintik-bintik gini.
    Cantik juga

    ReplyDelete
  2. Betul. Sungguh salah satu tanda dari Kebesaran Dan Kekuasaan Tuhan

    ReplyDelete

ENTRI UNGGULAN

Budidaya Bambu Hias Cukup Mudah

Indonesia memiliki banyak jenis bambu. Diantara keanekaragaman tersebut terdapat beberapa jenis bambu yang bisa dijadikan bambu hias d...

PALING POPULER