July 12, 2017

Tanaman Hias Begonia Mini


Tanaman hias begonia mini termasuk jenis tanaman hias dengan nilai jual yang lumayan. Dulu, tanaman hias ini tergolong dalam kelompok tanaman hias yang kurang diperhitungkan dilihat dari nilai harga. Saat ini, berdasarkan hasil survey dari beberapa situs jual-beli online tanaman hias. Rata-rata penjual mematok harga begonia mini berkisar dari 60 ribu hingga 70 ribu. 
Dalam hal perawatan tanaman hias ini dibutuhkan ketelatenan, dan tentu hal paling mendasar adalah kita harus memahami tiap jenis karakter tanaman hias. Ada tanaman hias yang cocok ditempatkan di area yang langsung terkena cahaya matahari, ada juga yang suka disimpan di tempat lembab. Begitu juga dengan karakter "minum" dari tanaman hias. Tanaman hias perlu disiram sesuai dengan kebutuhannya masing-masing yang berbeda intensitasnya, bisa satu kali sehari, dua kali sehari, atau dua hari sekali. Dengan kata lain, tanaman hias pun termasuk mahluk Tuhan yang perlu dikenali karakter dan sifatnya dalam hal perawatan.
Kembali pada begonia mini yang memiliki karakter membutuhkan intensitas cahaya matahari secara tidak langsung (di teras rumah, di bawah pohon, atau di dalam ruangan). Penyiraman pada begonia mini termasuk dalam kategori butuh banyak air, diperlukan penyiraman sebanyak dua kali dalam sehari.
Anatomi dari begonia mini memiliki batang berwarna kemerahan dengan ketebalan kurang lebih 3 mili meter dengan panjang 5-10 centi meter, dengan daun agak tebal berbentuk kancing (bulat) sebesar biji jengkol. Pada bagian luar daun terdapat warna hijau dengan corak  garis mengikuti uratnya. Sedangkan, bagian dalam daun ada berbagai jenis warna (tergantung jenis begonia mini), ada warna merah dan ada juga yang berwarna hijau.
Perlu diperhatikan, tanaman hias yang satu ini mengandung banyak air dalam akar, batang, dan daunnya. Sehingga, pada saat daunnya mulai layu harus segera digunting dan dibuang. Jangan dibiarkan daun yang layu berserakan di sekitar tanaman hias ini, karena memungkinkan terjadinya pembusukan yang bisa menularkan bakteri perusak tanaman.

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

Budidaya Bambu Hias Cukup Mudah

Indonesia memiliki banyak jenis bambu. Diantara keanekaragaman tersebut terdapat beberapa jenis bambu yang bisa dijadikan bambu hias d...

PALING POPULER