July 21, 2017

Tanaman Hias Keladi Red Star


Jenis tanaman hias ini merupakan keluarga talas-talasan (Caladium). Coba anda perhatikan gambar di atas! Seandainya semua daunnya berwarna hijau, mungkin anda akan menyebutnya talas. Disebut dengan Keladi Red Star karena dari bentuknya (terutama akar daun) yang membentuk bintang dan berwarna merah. Walaupun menyerupai bentuk talas, namun Keladi Red Star tidak memiliki umbi yang besar. Hanya umbi kecil dengan akar serabut yang berkembang di bawah tanah.
Keladi Red Star sangat indah bila ditanam di halaman rumah dengan ukuran pot yang besar akan tumbuh lebih optimal. Dibutuhkan pot bunga yang besar, karena tanaman hias daun ini berkembang biak dengan cara bertunas dari pinggir pohonnya. 
Hati-hati dengan tanaman hias ini! Karena semua bagian dari tanaman hias ini mengandung racun, sehingga jangan sampai dikonsumsi. Berdasarkan sumber informasi dari dunia maya, Keladi Red Star berasal dari sekitar hutan di Negara Brasil. Sekarang, tanaman hias ini bisa kita lihat di seluruh penjuru Tanah Air Indonesia.
Tanaman Hias Keladi Red Star memiliki corak daun yang menarik. Warna hijau daun yang menjadi latar daun tanaman ini, ditambah corak putih yang tersebar di permukaan daun, dan warna merah mengikuti akar daun membentuk bintang sangat mempesona bagi yang melihatnya.
Keladi Red Star bisa dibudidayakan dengan mengambil tunas akarnya untuk kemudian dipindahkan ke dalam pot yang lain. Dalam proses pemindahan bibitnya, usahakan tidak ada umbi akar yang terlepas, karena umbi akar yang berbentuk kecil merupakan cadangan makanan dari tanaman hias ini agar dapat tumbuh dan terus berkembang.
Keladi Red Star sangat baik bila ditanam di areal tanah yang terkena cahaya matahari langsung (area terbuka). Hal ini penting dalam menentukan pigmen daun yang akan menghiasi corak daunnya. Dengan cahaya matahari yang optimal, daun Keladi Red Star akan memunculkan warna merah yang lebih banyak, sehingga lebih memperindah tanaman hias ini.

4 comments:

  1. Sering lihat tanaman hias ini tapi baru tahu kalau namanya keladi red star, keren juga namanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya seusai dengan namanya tanaman hias ini sungguh indah. terima kasih Mas. Slam kenal, salam silaturahmi

      Delete
  2. dirumah saya masih tersimpan keladi hias, walau ga banyak, tapi saya ga tahu jenis dan namanya. Cara rawatnyapun cukup mudah ya..

    ReplyDelete
  3. Yang bagus dan mahal itu Keladi Multicolor, tiga warna atau lebih. harganya bisa 50 ribu lebih

    ReplyDelete

ENTRI UNGGULAN

Keindahan Pada Corak Daun Jawer Kotok

Selama kurang lebih satu minggu, hujan turun hampir tiap hari. Alhamdulillah, rezeki yang luar biasa. Dengan air hujan, banyak sekali ...

PALING POPULER