July 11, 2017

Khasiat Tanaman Obat Daun Tapak Liman


Indonesia merupakan negara yang subur dan kaya akan sumber daya alam. Keanekaragaman hayati yang meliputi flora dan fauna menjadi ciri khas dan daya tarik tersendiri. Ditinjau dari sisi flora (tanaman) ada banyak sekali tanaman yang mempunyai khasiat obat. Jika negeri cina dari jaman dulu terkenal dengan tabib ke seluruh dunia, Indonesia tidak kalah, bahkan bisa dikatakan negeri dengan sumber tanaman obat paling banyak di dunia. Baik dari sumber berupa daun, akar, biji, buah, tunas dan sebagainya banyak sekali yang mempunyai khasiat obat. Untuk menyikapi banyaknya tanaman obat di negeri tercinta, sudah sepatutnya kita mensyukuri karunia Tuhan ini dengan upaya memanfaatkan dan mengolah sumber tanaman obat tersebut dengan sebaik-baiknya, bahkan akan lebih baik lagi jika tanaman obat tersebut terus dibudidayakan. Belum semua jenis tanaman obat di Indonesia yang dimanfaatkan dalam dunia pengobatan karena minimnya sumber daya manusia dan teknologi. Jadi, dengan terus melakukan upaya budidaya tanaman obat sudah secara otomatis menjadi investasi masa depan bangsa.
Dalam artikel ini, saya akan sedikit memaparkan tentang tanaman obat Daun Tapak Liman. Jenis tanaman yang belum begitu dikenal masyarakat dan mempunyai khasiat sebagai obat. Masyarakat pada umumnya menganggap bahwa jenis tanaman ini sebagai rumput yang menjadi sebatas gulma pada bidang pertanian. Padahal tanaman ini mempunyai banyak manfaat dalam dunia pengobatan herbal. Hanya saja keawaman yang menjadi salah satu faktor tanaman ini diberantas untuk disingkirkan dari lahan pertanian.
Tanaman Tapak Liman mempunyai bentuk daun bergerigi dengan sedikit gelombang di sekitar ujung daunnya. Jangan sampai anda salah dalam mengenali tanaman ini, karena bentuknya yang mirip dengan tanaman Tempuyung (sama berkhsiat obat). Yang membedakan antara Tapak Liman dengan Tempuyung adalah Tapak liman jauh lebih pendek ketinggiannya dibandingkan dengan tempuyung. Bahkan, daun tapak liman suka menempel di tanah karena saking pendeknya. Sedangkan tanaman tempuyung mempunyai ketinggian sekitar 20-50 centi meter.
Langsung saja, berikut khasiat dari daun tapak liman:
1. Obat diare
Daun tapak liman bisa digunakan untuk menyembuhkan diare dengan cara direbus daunnya, dan disaring air rebusan teresebut untuk kemudian diminum secara rutin (selama diare). Dianjurkan pada saat anda terserang diare untuk meminum daun rebusan tapak liman sebanyak dua kali sehari.
2. Meredakan Buang Air Besar Berdarah
Khasiat yang kedua dari daun tapak liman adalah untuk meredakan buang air besar berdarah. Pada saat anda menderita seperti ini, dengan cara yang sama minumlah air rebusan dari daun tapak liman sampai feses yang anda keluarkan kembali menjadi normal seperti biasanya tanpa mengeluarkan darah.
3. Obat Hepatitis
Bagi anda yang sedang menderita atau mendapat gejala penyakit hepatitis, bisa memanfaatkan khasiat dari daun tapak liman. Selain sebagai upaya pengobatan, meminum air rebusan tapak liman bisa berfungsi sebagai upaya pencegahan kembalinya penyakit hepatitis tersebut. Dengan kata lain, rebusan air dari daun tapak liman boleh dikonsumsi oleh anda yang berada pada keadaan sehat.
4. Mencegah Inflamasi (Peradangan)
Peradangan bisa terjadi pada bagian tubuh luar maupun dalam. Dengan meminum air rebusan daun tapak liman, berarti anda sudah mencegah munculnya peradangan pada bagian tubuh anda. Untuk radang tenggorokan, sangat baik jika anda meminumnya secara rutin. Jangan takut terkena efek samping, karena dari sejumlah pengalaman daun ini dijamin aman untuk digunakan sebagai obat herbal.
5. Berkhasiat Obat Lainnya
Masih banyak khasiat obat dari daun tapak liman yang lainnya, yaitu bisa digunakan untuk meredakan nyeri haid, obat cacar air, menyembuhkan anemia, obat keputihan pada organ wanita, meredakan batuk (karena mampu mengencerkan dahak), menyembuhkan luka pada kulit (baik luka bakar maupun luka karena akibat benda tajam).
Demikian sedikit uraian tentang khasiat dari tanaman obat daun tapak liman yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan bermanfaat. Lakukan konsultasi dengan dokter dan ahli pengobatan herbal untuk proses pemanfaatan dari daun tapak liman ini, karena penulis mendapatkan informasi ini dari berbagai sumber di internet, sehingga belum bisa dijamin seratus persen keakuratannya. Terima Kasih

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

Tanaman Hias Daun Mutiara (Pilea Cadierei)

Setelah mencari deskripsi untuk tanaman hias daun mutiara, tidak banyak situs yang menampilkan pemaparan tentang tanaman hias daun ini...

PALING POPULER