July 17, 2017

Tanaman Hias Paku Tanduk Rusa Ditanam Dalam Pot Bunga


Jenis tanaman hias paku tanduk rusa pasti biasa anda lihat menempel di pohon, digantung dalam dinding dengan dikelilingi suplir sebagai teman penyubur tapi tida akan dirugikan oleh Si tanduk rusa karena bukan merupakan parasit melainkan jenis epifit.
Berbeda dengan jenis paku tanduk rusa yang ada di halaman rumahku. Paku tanduk rusa ini tumbuh subur dalam pot bunga. Awalnya saya benar-benar bingung, nama apa yang harus saya berikan untuk tanaman hias dengan daun bercabang mirip tanduk rusa. Saya sudah berseluncur di dunia maya selama satu minggu dengan tujuan mencari nama untuk tanaman hias jenis ini. Sampai tadi pagi tidak ada informasi sedikit pun mengenai "Paku Tanduk Rusa Tumbuh Dalam Pot Bunga". Kurang lebih seperti itu kalimat yang saya ketik dalam mesin pencari Mbah Google. Sepintas ujung daunnya mirip juga dengan tanaman lalap Selada. 
Baru tadi sore, ketika saya sedang menyiram bunga dan tanaman hias, tiba-tiba datang seorang tetangga menghampiri untuk mengajak ngobrol tentang bunga dan tanaman. Dalam obrolan tersebut, saya sempat bertanya pada tetangga, "Kang, kalau tanaman hias ini namanya apa ya?". Si akang tetangga malah tersenyum dan sedikit menggelengkan kepala. Dengan pelan dia sedikit menjawab, "Daunnya mirip tanduk rusa yaaa !". 
Baru sekitar satu jam yang lalu, saya terinspirasi untuk mencari di mesin google mengenai tanaman hias dengan daun mirip tanduk rusa. Saya sengaja mencari dalam telusuran google dengan kategori pilihan gambar. Beberapa detik kemudian, gambar tanaman hias terbuka dalam jumlah yang banyak. Saya mengamatinya satu per satu untuk membandingkan bentuk daun dalam gambar dengan tanaman hias yang ada di halaman rumah.
Akhirnya saya menemukan gambar untuk tanaman hias paku tanduk rusa yang 99 % mirip dengan daun tanaman hias di halaman. Dengan tidak berpikir panjang, saya langsung mengambil handphone dan mengambil poto dari tanaman hias ini. Saya langsung cocok dengan bentuk daunnya yang sangat mirip dengan gambar, namun dalam benak terpikir "kok masih ada yang terasa ganjil". Seetelah dua tiga menit berpikir saya langsung ingat dan membalikan salah satu helai daun dalam pot bunga di halaman rumah dan menyandingkannya dengan gambar dari internet. Akhirnya kemiripan kedua daun tersebut akhirnya mencapai 100% sama. Dan, saya pun akhirnya menyimpulkan bahwa tanaman hias ini adalah paku tanduk rusa yang ditanam dalam pot bunga.
Anda penasaran? Mengapa paku tanduk rusa bisa ditanam dalam pot bunga? Jawabannya adalah "Ya, dalam benak muncul bisikan serupa". Tidak terlalu lama mengambil pusing, karena saya langsung sadar, walaupun habitat paku tanduk rusa mayoritas menempel di pohon, saya sangat yakin bahwa dengan Kebesaran dan Kekuasaan Tuhan setiap tumbuhan bisa hidup di mana saja sesuai dengan yang Dia kehendaki. 

2 comments:

  1. Saya baru ngeh kalau yang ini dinamakan tumbuhan tanduk rusa mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Nis, Umumnya tanaman hias ini ditempel di pohon, sehingga bentuk tanduk rusanya terbalik ke bawah. Saya juga baru nyadar kemarin. Setelah dikasih tahu tetangga. hehehe. Slam kenal, salam sehat selalu. Amiin

      Delete

ENTRI UNGGULAN

Tanaman Hias Daun Mutiara (Pilea Cadierei)

Setelah mencari deskripsi untuk tanaman hias daun mutiara, tidak banyak situs yang menampilkan pemaparan tentang tanaman hias daun ini...

PALING POPULER