July 10, 2017

Menanam Bunga Anggrek Butuh Kesabaran


Selamat pagi semuanya!
Saya hanya ingin berbagi mengenai pengalaman pertama menanam bunga anggrek. Jenis anggrek yang saya tanam adalah Catlleya. Termasuk salah satu jenis anggrek langka dan bernilai jual tinggi. Selama delapan bulan lebih saya menanam anggrek ini. Sampai sekarang belum terlihat tanda-tanda akan munculnya bunga. 
Sejumlah usaha untuk merawat anggrek sudah saya lakukan. Berbagai informasi dari dunia maya saya coba praktekan dalam upaya merawat anggrek agar cepat berbunga. Dari informasi yang saya dapatkan jenis anggrek cattleya hanya berbunga sekitar setahun sekali, namun memiliki keawetan yang lama dalam proses mekarnya. Saya pernah ngiler melihat bunga anggrek cattleya yang mekar selama kurang lebih tiga bulan. Tapi, saya tidak putus asa, walau ada pepatah mengatakan "anggrek tetangga jauh lebih indah dari anggrek sendiri". hehehe. Saya tetap akan merasa bangga jika hasil jerih payah dalam proses merawat anggrek membuahkan hasil berupa bunga yang indah.
Saya mengambil media pot bunga dengan sabut kelapa yang dibungkus oleh tempurung kelapa, seperti yang dapat anda lihat pada gambar di atas. Awalnya, saya bertanya mengapa harus menggunakan sabut kelapa? ternyata setelah dipelajari, sabut kelapa mampu menjaga kelembaban udara dan mampu menyimpan air siraman, sehingga area sekitar batang pohon anggrek tidak mudah kering. Selain sabut kelapa, digunakan juga arang yang sudah dihancurkan. Tujuan penggunaan arang adalah untuk menjaga kesuburan di sekitar bunga anggrek. 
Jenis pupuk yang saya gunakan masih terbatas pada pupuk kompos seadanya. Padahal, berdasarkan sejumlah informasi yang saya dapatkan ada juga pupuk penyubur anggrek dan pupuk perangsang bunga. Untuk kedua pupuk yang saya sebutkan terakhir belum saya praktekan karena harus dibeli di toko pupuk khusus tanaman hias dan bunga. Sedangkan, di tempat saya tinggal belum ada toko tersebut. Akhirnya, dari sejumlah upaya yang saya lakukan, hanya kesabaran menunggu yang harus lebih dan lebih. Karena secara habitat, jenis anggrek cattleya memang termasuk anggrek yang langka dan jarang berbunga. Seandainya sobat punya info dan tips upaya menanam anggrek cattleya dengan belum saya ketahui, mohon dishare ya broooo! atau dituliskan dalam komentar artikel ini. Terima kasih

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

MiniTani Sebagai Solusi di Saat Pandemi

"Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman". Nah, itulah sekelumit lirik lagu "kolam sus...