July 15, 2017

Tanaman Hias Begonia Flamenco


Tanaman hias Begonia Flamenco merupakan salah satu spesies dari Begonia Rhizomatus yang memiliki batang berwarna merah tua, daun hijau bercorak berbentuk bintang dan berbulu halus seperti sutera. Bunga yang dihasilkan berbentuk kecil namun berjumlah banyak pada tiap tangkainya, dengan warna merah muda cerah sehingga membuat tanaman hias ini sangat baik untuk digantung di sekitar halaman rumah guna menambah keindahan.
Terdapat lebih dari 1500 spesies begonia di dunia. Di Indonesia tersebar sekitar 200 spesies. Tanaman hias ini awalnya tumbuh di sekitar hutan sub tropis atau pun di daerah tropis yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung.  Sehingga semua jenis begonia termasuk Begonia Flamenco tidak terlalu suka jika tersengat panas matahari dalam intensitas lama. Sebaiknya tanaman hias begonia di simpan di tempat yang lembab tapi tetap mendapat cahaya matahari secara tidak langsung.
Tanaman hias begonia disukai oleh banyak orang karena keindahan yang mencolok pada motif daun dan bunganya. Terlebih di Amerika karena banyak penggemar yang membudidayakan begonia, maka terbentuklah American Begonia Society (ABS). Sebuah organisasi bagi para pecinta tanaman hias dan holtikultura terutama begonia sebagai salah satu yang paling utama.
Tidak kalah dengan para penggemar di Amerika, masyarakat Indonesia pun banyak yang menyukai tanaman hias ini. Hal ini terbukti dengan adanya Kawasan Wisata Taman Begonia Lembang (Kabupaten Bandung Barat). Sebuah taman yang tidak terlalu luas, namun memiliki keindahan yang luar biasa dari hamparan kebun bunga dengan aneka ragam warna. Di Taman Begonia Lembang terdapat sejumlah spesies begonia yang dibudidayakan, salah satu spesies andalannya adalah Begonia Balinea (Spesies Begonia dari daerah Bali). Tidak hanya jenis tanaman hias begonia, terdapat pula berbagai jenis tanaman hias dan bunga yang lainnya.
Kembali pada tanaman hias Begonia Flamenco. Tanaman hias ini bisa dibudidayakan dengan cara menanam umbi, batang, dan potongan daun. Media tanam yang digunakan lebih baik menggunakan campuran kompos, arang, dan tanah. Media tanam dimasukan ke dalam pot bunga dengan terlebih dahulu dilubangi untuk kelancaran drainase air. Begonia Flamenco akan cepat membusuk bila disiram terlalu banyak sampai terdapat genangan air dalam pot. Sehingga penggunaan semprotan air akan lebih optimal untuk menyiram tanaman hias ini. Begonia Flamenco termasuk salah satu jenis tanaman hias yang cocok disimpan di dalam ruangan.

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

Tanaman Hias Daun Mutiara (Pilea Cadierei)

Setelah mencari deskripsi untuk tanaman hias daun mutiara, tidak banyak situs yang menampilkan pemaparan tentang tanaman hias daun ini...

PALING POPULER