February 4, 2017

BAYAM LIAR BISA DIKONSUMSI

Jenis bayam ini bisa dikatakan sebagai jenis bayam yang sudah jarang ditemukan. Ya, namanya Bayam Liar. Dikatakan bayam liar, karena dia suka "liar" keluyuran di luar rumah (hehe. bercanda). Bayam liar tumbuh secara liar, walaupun di tanah yang kurang subur, bayam ini cukup kuat dalam pertumbuhannya. Kali ini saya berikan gambar untuk bayam liar yang tumbuh di halaman rumah. 

                     
Coba Anda perhatikan jenis tanah di sekeliling bayam di atas! Bisa kita simpulkan bahwa jenis tanah yang kurang subur. Saya yakin tanah ini kurang subur, karena tanah ini banyak tercampur dengan kerikil sisa pembangunan rumah. Sehingga bisa disimpulkan bahwa jenis bayam ini "tidak manja". hehe. Cukup dengan disiram 1 hari sekali.
Selain perawatannya mudah, jenis bawang ini tentunya sama dengan bayam pada umumnya bisa dikonsumsi. Saya tekankan sekali lagi bisa dikonsumsi. Kenapa saya menyampaikan dengan penuh penekanan, Karena masyarakat di kampung yang notabene menempel pola pikir takut terhadap tanaman liar selalu mengatakan "awas jangan dimakan! nanti keracunan!".

Tidak satu atau dua dari warga di kampung yang melarang untuk mengkonsumsi jenis bayam ini. Kurang lebih satu minggu yang lalu saya sudah memasak jenis bawang liar ini. Rasanya enak, mantap, gurih, dan terasa lebih banyak seratnya dibanding dengan jenis bayam pada umumnya. Dan, terbukti tidak beracun.

Sebenarnya, saya sendiri tidak menanam jenis bayam liar ini. Bayam tersebut tumbuh dengan sendirinya di halaman rumah. Mungkin benih bayam tersebut yang terdapat pada serbuk bunganya terbawa  angin dan tumbuh di sekitar halaman.

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

MiniTani Sebagai Solusi di Saat Pandemi

"Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman". Nah, itulah sekelumit lirik lagu "kolam sus...