February 19, 2017

BUNGA BOROCO (JAWER KOTOK)

Bunga boroco (Celosia Argentea Linn) sering disebut juga dengan nama Jawer Kotok dalam Bahasa Sunda. Jenis bunga ini termasuk dalam kategori rumput liar yang bisa ditemukan di pinggir jalan, makam, kebun dan tempat lainnya yang dianggap nyaman untuk liar. hehe

Bunga ini mempunyai keunikan khusus terutama untuk jenis Boroco Marun. Mulai dari akar, batang, pohon, cabang, daun dan bunganya bisa berwarna marun. Saya sendiri menemukan bunga ini di kebun bambu dengan ukuran setinggi 10 cm, dan sekarang setelah dirawat selama kurang lebih tiga bulan bunga ini telah mempunyai ketinggian sekitar 70 cm. 

                                            Awal Ditanam                             3 Bulan Kemudian

Ada hikmah dari merawat bunga boroco ini, yaitu setiap mahluk yang liar jika dirawat dengan baik maka dia akan memberikan hasil yang baik pula. Hikmah ini tidak saya alami pada bunga boroco saja, saya juga merawat jenis bayam liar yang sudah bisa dikonsumi. Jadi jika anda menemukan tanaman liar yang indah, ambil dan rawatlah! Jenis bunga ini akan lebih terlihat indah jika dibudidayakan dengan jumlah yang banyak. Halaman/taman di depan rumah anda akan terlihat dengan hamparan warna marun yang indah.

Orang sunda suka menyebutnya dengan nama "Jawer Kotok/ Jengger Ayam",karena sepintas bentuk bunganya menyerupai jengger ayam. Di daerah Sumatera Barat sering disebut bayam bludu karena ketika bunga ini masih berumur muda sangat menyerupai daun bayam hanya beda di bagian warna saja. 

Menurut pendapat masyarkat di sekitar rumah, bunga ini dipercaya berkhasiat untu mengobati beberapa macam penyakit seperti keputihan, iritasi mata, muntah darah, dan sebagainya. Sungguh jauh dari sangkaan bahwa jenis bunga dari kelompok rumput liar ini ternyata mempunyai manfaat yang begitu hebat. 

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

Keindahan Pada Corak Daun Jawer Kotok

Selama kurang lebih satu minggu, hujan turun hampir tiap hari. Alhamdulillah, rezeki yang luar biasa. Dengan air hujan, banyak sekali ...

PALING POPULER