February 15, 2017

"KASTUBA" TANAMAN HIAS YANG INDAH DAN UNIK



Sekitar dua tahun terakhir di Kota Bandung dan sekitarnya ada fenomena masyarakat yang menggandrungi tanaman hias Kastuba. Jenis tanaman hias asal Amerika ini mempunyai keindahan dan keunikan tersendiri, terutaman di bagian daun pucuknya yang berwarna merah terang menyala. Sedangkan daun bagian bawah berwarna hijau. Harga tanaman hias ini meroket pada saat taun baru 2016 silam dan perayaan imlek. Sampai saat ini harga jual tanaman hias kastuba masih lumayan bertahan. 

Sebenarnya, Indonesia pun mempunyai tanaman hias Kastuba tapi keseluruhan daunnya berwarna hijau sehingga menyebabkan kurang tertariknya masyarakat. Berdasarkan pengalaman penulis Kastuba merupakan tumbuhan semak belukar yang biasa dipakai sebagai tanaman penyangga tanah (pagar). Sehingga perawatannya pun tidak susah. Tanaman hias ini mempunyai getah berwarna putih dan bila diraba akan terasa lengket. Dulu, ketika penulis masih usia anak-anak sering diduruh oleh ibu untuk mengambil getah kastuba sebagai perekat amplop. hehe

Bila Anda ingin berburu tanaman hias kastuba di sekitar Bandung cukup mudah. Anda tinggal meluncur ke daerah Lembang (Kabupaten Bandung Barat). Di sana anda bisa menembukan berbagai jenis tanaman hias dan bunga, baik asli dari Indonesia maupun bibit impor dari luar negeri. 

Keindahan tanamah hias kastuba dimanfaatkan untuk menghias keindahan kota Bandung, hal ini terbukti ketika beberapa minggu yang lalu, penulis meluncur ke kota Bandung. Di sana ditemukan tanaman hias kastuba di gantung di beberapa jalan oleh Dinas Pertamanan dan Tata Letak Kota Bandung. Menurut penulis itu adalah sebuah ide yang cemerlang, karena kenidahan warna merahnya yang terang menyala banyak memikat perhatian para pengguna jalan benar benar "eye catching".

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

Budidaya Bambu Hias Cukup Mudah

Indonesia memiliki banyak jenis bambu. Diantara keanekaragaman tersebut terdapat beberapa jenis bambu yang bisa dijadikan bambu hias d...

PALING POPULER