February 9, 2017

BUNGA LAVENDER BELUM BERBUNGA


Saya belum membaca kiat agar bunga lavender cepat berbunga. Saya masih berinovasi dengan cara saya sendiri dalam merawat bunga ini. Kurang lebih 2 bulan yang lalu, saya meminta bibit bunga ini dari tetangga. Setiap hari saya siram menggunakan air cucian beras, air ekstrak rebung yang sudah dipermentasi selama dua minggu ditambah ramuan lainnya.

Awalnya bunga lavender saya letakan di depan teras rumah, namun baru tiga hari daun-daunnya mulai kering pertanda terlalu banyak penyinaran. Kemudian saya pindahkan ke pekarangan di belakang rumah, sehingga daunnya segar kembali. Sampai saat ini belum ada tanda-tanda bahwa lavender akan berbunga. Saya harus sabar menunggunya, karena jenis bunga ini termasuk jarang dalam berbunga. Tapi, kelebihan bunga ini adalah awet ketika mekar. Bunga lavender bisa mekar kurang lebih tiga minggu sampai satu bulan. 

Kemarin, saya mengamati mulai dari batang pohonnya sampai ke daun. Sepintas dilihat tidak ada yang salah dengan bunga ini. Namun, setelah diamati ternyata batang pohon bagian bawah mulai mengerut seperti kekurangan air. Padahal, saya selalu menyiramnya dua kali sehari. Hanya beda satu dengan saya yang tiga kali makan dalam sehari, hehe

Saya sudah berusaha maksimal dalam merawat bunga ini, bahkan saya tambahkan pupuk kompos disekitar akarnya supaya menambah kesuburan tanah. Akhirnya, saya menyimpulkan bahwa dibutuhkan kesabaran dalam budidaya bunga. Dan, satu hal yang paling penting untuk diperhatikan dalam budidaya dan merawat bunga adalah sayangi mereka dengan penuh cinta.

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

MiniTani Sebagai Solusi di Saat Pandemi

"Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman". Nah, itulah sekelumit lirik lagu "kolam sus...