February 16, 2017

HANJUANG MERAH (Tanaman Hias dan Obat)

IMG20170210094027.jpg

Selamat malam semuanya!

Kali ini saya akan membahas mengenai hanjuang merah yang berfungsi sebagai tanaman hias dan obat. Hanjuang merah (Latin: Cordyline Fruticosa) terbagi menjadi dua jenis, yaitu hanjuang hijau dan hanjuang merah. Selain mempunyai fungsi estetis, tanaman hias yang satu ini kaya akan manfaat obat.

Fungsi estetis (keindahan) keindahan tanaman hias hanjuang merah yaitu sesuai dengan namanya terletak pada keindahan bagian daun yang berwarna merah dengan posisi menumpuk mulai dari daun pucuk hingga daun tua. Ditambah bentuk daun tunggal yang lebar memanjang bisa menambah kejelasan indahnya tanaman hias ini. 

Sedangkan fungsi obat dari hanjuang merah cukup banyak, Diantaranya bisa dijadikan obat diare, radang gusi, batuk berdarah, terkena sengatan binatang, menstabilkan haid yang terlalu banyak, mengobati wasir, dan masih banyak lagi. Mengenai bagaimana cara meramu obat dari daun hanjuang merah, anda bisa mengunjungi blog milik seorang sahabat Di Sini

Bila anda tertarik untuk berburu dan budidaya hanjuang merah tidaklah susah dan mudah. Anda bisa membelinya di pedagang bunga dan tanaman hias yang biasa mangkal di pinggir jalan raya. Selain itu cara pembudidayaan tanaman hias hanjuang merah bisa dikatakan cukup mudah. Kita bisa menanamnya dengan cara disetek, baik batang maupun akar. Bisa juga dengan menanam biji dari tanaman hias ini. Usahakan dipilih bagian batang tua dan biji yang sudah dikeringkan.

Untuk pemeliharaan hanjuang merah tidaklah susah. Cukup dengan pengairan yang baik ditambah pemupukan yang rutin. Kabar baik bagi anda para pecinta tanaman hias dan bunga, yaitu hanjuang merah termasuk golongan tanaman yang kuat dan tidak mudah layu. Jadi jangan khawatir takut tidak tumbuh ketika menanam. Usahakan perawatan hanjuang merah disesuaikan dengan selera terhadap hanjuang, yaitu dalam hal ketinggian hanjuang. Bila anda menginginkan hanjuang merah dengan tinggi maksimal, maka jangan dipotong batangya ! biarkan menjulang setinggi kemampuannya. Rata-rata tinggi hanjuang sekitar 2 sampai 4 meter. Saya secara peribadi lebih suka memangkas bagian batang dekat pucuknya agar pertumbuhan batangnya tidak terlalu tinggi.

Demikian saya sampaikan info dari artikel ini. Mudah-mudahan bermanfaat. Amiin

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

Tanaman Hias Daun Mutiara (Pilea Cadierei)

Setelah mencari deskripsi untuk tanaman hias daun mutiara, tidak banyak situs yang menampilkan pemaparan tentang tanaman hias daun ini...

PALING POPULER