February 6, 2017

DAUN KATUK KAYA MANFAAT


Tanaman hias ini sering disebut sebagai "Daun Katuk". Tanaman ini sangat kaya dengan beragam manfaat. Karena selain sebagai tanaman hias, tanaman ini bisa dimanfaatkan daunnya sebagai bahan olahan makanan. Daun Katuk, bisa diambil daunnya untuk dimasak dengan cara disayur ataupun di goreng. Selain itu, daun ini bisa digunakan sebagai bahan lalapan sambal.                             

Tanaman hias ini, sering digunakan sebagai tanaman pagar pembatas tanah. Dulu, jenis tanaman ini banyak terdapat di sekitar kebun dan di pinggir rumah. Sekarang, Daun Katuk sudah jarang, tidak bisa ditemukan dengan mudah.

Selain sebagai bahan makanan, Daun Katuk juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pewarna makanan. Misalnya pewarna untuk kue, manisan, bolu, dan sebagainya. Warna yang dihasilkan adalah warna hijau sesuai dengan warna daunnya. 

Alhamdulillaah, sekitar tiga minggu yang lalu, ada tetangga yang memberikan bibit tanaman hias Daun Katuk. Sehari sebelumnya, saya mau minta benih (stek) daun katuk ini kepada saudara. Namun, beliau tidak memberi, karena Daun Katuk yang beliau tanam masih berusia sangat muda dan hanya beberapa batang pohon. Keesokan hari, tepatnya sore sekitar pukul 16. 00, ada tetangga yang datang ke rumah sambil membawa berbagai jenis bunga dan batang daun katuk. Saya, merasa sangat bahagia karena Allah memberikan sesuatu kepada hambanya pada waktu yang cocok, sesuai dan tepat ditinjau dari berbagai sisi/bidang. Alhamdulillah.

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

Tanaman Hias Daun Mutiara (Pilea Cadierei)

Setelah mencari deskripsi untuk tanaman hias daun mutiara, tidak banyak situs yang menampilkan pemaparan tentang tanaman hias daun ini...

PALING POPULER