February 4, 2017

BUNGA MAWAR BERSEMI KEMBALI


Setelah kurang lebih dua minggu, bunga mawar di depan rumah mulai  berguguran dan tinggal bakal bunga yang mengering. Ada semacam kerinduan menikmati keindahan bunga yang begitu cantik ketika mekar. Akhirnya, berkat saran dari Mak Ika (Tetangga baru yang memberi kurang lebih 20 jenis bunga) bahwa batang bunga yang sudah layu tersebut harus dipotong supaya muncul kembali batang baru yang akan mengeluarkan kuncup bunga ditambah pemberian pupuk MOL (Mikro Organisme Lokal) setiap dua hari sekali. Alhamdulillah, batang baru mulai muncul dengan pucuk daunnya. 

Harapan baru mulai muncul, saya berkeyakinan bila pucuk daun bunga mawar telah tumbuh maka kuncup bunga pun akan keluar dari batang daun. Saat ini keadaan bunga mawar masih berupa kuncup bunga yang tidak lama lagi bersemi dan mekar.
               
Saya merasa senang karena jumlah kuncup bunga yang akan berkembang bertambah menjadi lima buah bunga. Sebelumnya kuncup bunga yang mekar hanya tiga buha. Hal ini membuktikan, ada kemajuan dalam proses pertumbuhan bunga mawar yang baru.
Logikanya, mengapa batang bunga yang sudah layu harus dipotong? Karena masih tersimpan bakal calon bunga baru di bawah bunga yang layu. Hati - hati ketika memotong batang bunga! Usahakan memakai pisau, jangan sampai dipatahkan menggunakan tangan, supaya tidak menggangu proses tumbuhnya pucuk. 
Usahakan dengan rutin menyiram dan memupuk bunga! Karena batang pohon bunga mawar yang dipupuk akan terlihat lebih subur (lebih besar diameter batang), jauh berbeda dengan batang pohon mawar yang tidak terawat akan lebih kecil diameternya. Batang pohon mawar yang diameternya lebih besar bisa dijadikan indikator bahwa bunga mawar tersebut tumbuh dengan baik.


No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

Keindahan Pada Corak Daun Jawer Kotok

Selama kurang lebih satu minggu, hujan turun hampir tiap hari. Alhamdulillah, rezeki yang luar biasa. Dengan air hujan, banyak sekali ...

PALING POPULER