July 15, 2017

Tanaman Hias Nanas Kerang Berkhasiat Obat


Awalnya saya meminta tanaman hias ini dari saudara. Saya mengambil satu pohon dengan daunnya yang banyak dan tak lupa digali sampai akarnya terbawa. Memang dalam menanam berbagai jenis tumbuhan fungsi akar sangat penting agar selalu terangkut sebelum ditanam. Bila akar tanaman yang akan ditanam tertinggal sebagian besar di tanah, maka bisa dipastikan bila tidak mati tanaman tersebut akan tumbuh dengan lambat. Karena Si tanaman harus memperbaiki kembali anatomi tubuhnya sebeluh tumbuh dengan baik.
Sebelum menulis artikel ini, saya tidak tahu apa nama dari tanaman hias yang berdaun lurus mirip nanas dengan warna daun bagian atas berwarna hijau dan bagian bawah berwarna merah keunguan. Ditambah bunga yang berbentuk kerang bermunculan dari ketiak daun tanaman hias ini. Setelah menelusuri sejumlah informasi dari Wikipedia (media informasi ensikloedia bebas), saya menemukan bahwa tanaman hias ini bernama Nanas Kerang (Rhoeo Discolor). Jenis tanaman hias yang berasal dari negara Meksiko, dengan ketinggian pohon antara 40-60 centi meter. 
Dalam Wikipedia dijelaskan bahwa tanaman hias ini selain memfunyai fungsi keindahan juga bermanfaat karena mempunyai khasiat obat. Sejumlah penyakit yang bisa diobati dengan menggunakan tanaman hias ini antara lain: bronkhitis, batuk rejan, TBC kelenjar, mimisan, disenteri basiler, dan berak darah.
Bagian tanaman yang bisa dimanfaatkan meliputi daun dan bunganya. Untuk mengobati batuk rejan, batuk berdahak, flu dan disenteri  dibutuhkan 20-30 kuntum bunga untuk kemudian direbus dan diminum airnya. Sedangkan untuk mengobati TBC kelenjar dan mimisan dibutuhkan 15-30 gram daun untuk direbus dan diminum airnya. Tidak hanya itu, tanaman hias ini juga bermanfaat untuk mengobati acute bronchitis dengan menggunakan 10 helai daun segar atau 20-30 kuntum bunga ditambah dengan gula batu untuk kemudian ditim sebelum dikonsumsi. Ditambah khasial lainnya yaitu mengobati berak darah (melena), cukup dengan menggunakan 10-15 helai daun segar atau 20-50 kuntum bunga dari tanaman hias nanas kerang dicampur dengan gula enau kemudian direbus untuk diminum airnya. 
Demikian sejumlah kelebihan yang diberikan oleh Tuhan kepada Tanaman Hias Nanas Kerang berupa fungsinya sebagai tanaman yang indah dan berkhasiat obat yang luar biasa. Kita sebagai manusia harus terus bersyukur atas segala Rahmat tersebut dengan cara memanfaatkan dan membudidayakan tanaman tersebut.

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

Keindahan Pada Corak Daun Jawer Kotok

Selama kurang lebih satu minggu, hujan turun hampir tiap hari. Alhamdulillah, rezeki yang luar biasa. Dengan air hujan, banyak sekali ...

PALING POPULER