July 18, 2017

Bunga Anggrek Vanda Tricolor


Bunga anggrek selalu mempesona, menarik minat orang yang melihatnya. Terlebih bagi para pecinta bunga dan tanaman hias. Keunggulan nilai estetika pada bunga anggrek terletak pada bunga. Bunga yang bermekaran dengan indah dan bertahan dalam waktu yang lama. Sampai saat ini harga anggrek masih mendominasi peringkat tertinggi dalam dunia pemasaran tanaman hias dan bunga.
Anggrek Vanda sebagai salah satu jenis anggrek paling populer di Indonesia dan dunia. Popularitas yang disandang bunga anggrek vanda karena salah satu kelebihan dari anggrek ini yang mengeluarkan aroma harum pada bagian bunganya. Anggrek Vanda terbagi ke dalam banyak jenis. Salah satu diantaranya yang akan saya bahas adalah anggrek Vanda Tricolor. Sesuai dengan namanya kelebihan anggrek ini selain mengeluarkan aroma harum juga memiliki tiga jenis warna. Variasi warna yang ada pada anggrek Vanda Tricolor umumnya warna putih, totol coklat pada bagian kelopak bunga, sedangkan pada bagian labellum (ujung bunga yang muncul ditengah kelopak) berwarna ungu. 
Pada gambar di atas nampak anggrek Vanda Tricolor yang saya ambil potonya ketika berkunjung ke salah satu Sekolah Dasar (SD) Negeri Beor 01. Saat itu saya ditugaskan untuk mengambil poto bangunan dan sarana prasarana sekolah untuk dianalisis tingkat kerusakannya. Seperti kata pepatah "Sambi menyelam minum air", ketika tugas utama dalam pekerjaan dilakoni dengan senang hati ternyata hobi sebagai pecinta bunga pun dapat tersalurkan tanpa mengganggu aktivitas kerja.
Coba anda lihat gambar di atas bagian totol pada kelopak bunga berwarna coklat kemerahan. Hal ini disebabkan karena bunga anggrek tersebut mendapat intensitas cahaya matahari yang kurang. Bila anggrek Vanda Tricolor mendapatkan cahaya matahari yang cukup, tentu pada bagian totolnya akan berwarna kecoklatan.
Anggrek Vanda Tricolor memang cocok bila ditempel di pohon, dengan diikat pada sabut kelapa atau suplir di sekelilingnya. Hal ini karena sesuai dengan habitat asli dari bunga anggrek yang secara jelas termasuk epifit (menempel pada tumbuhan lain tapi tidak merugikan). Walau ditempelkan di pohon tetap upaya pemeliharaan harus dilakukan secara rutin dan telaten. Penyiraman yang teratur, pupuk kompos, pupuk perangsang bunga bisa terus diberikan pada bunga ini agar tumbuh dan berbunga dengan lebih optimal.
Yang fantastis dari anggrek Vanda Tricolor adalah harganya, untuk satu buah bibit sudah mencapai Rp. 85.000,-. Bila anggrek tersebut sedang mengeluarkan bunga kisaran harga anggrek ini bisa mencapai harga Rp. 180.000,-. Sungguh sebuah nilai yang menggiurkan bagi para pecinta bunga untuk melebarkan hobinya ke dunia bisnis.

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

Keindahan Pada Corak Daun Jawer Kotok

Selama kurang lebih satu minggu, hujan turun hampir tiap hari. Alhamdulillah, rezeki yang luar biasa. Dengan air hujan, banyak sekali ...

PALING POPULER