July 10, 2017

Kastuba Liar dan Kastuba Komersil


Kastuba liar dan kastuba komersil

Berbeda dengan kastuba yang suka dijual dengan pinggir jalan raya. Jenis katusba ini tumbuh liar di sekitar semak belukar di pinggir kebun. Katusba liar sangat baik bila dijadikan tanaman pagar untuk memperkuat tanah yang landai. Baik kastuba komersil maupun kastuba liar sama-sama memiliki nilai keindahan pada daunnya. Yang membedakan hanya pada jumlah warna daun. Pada kastuba komersil warna merah menyala pada bagian daun hampir menyelimuti semua batang pohonnya, dengan kata lain warna daun merahnya lebih dominan. Sedangkan kastuba liar memiliki warna hijau pada daun yang lebih dominan. Hanya bagian kuncupnya saja yang memiliki daun dengan warna merah.
Coba anda amati kembali gambar di atas? perbedaan yang mencolok terdapat pada ketinggian kedua tanaman hias tersebut. Kastuba liar akan memiliki daun yang disertai bunga setelah mencapai ketinggian lebih dari satu meter. Sedangkan kastuba komersil memiliki daun berwarna merah yang dominan saat ketinggian di bawah 50 centi meter. Ditinjau dari sisi anatomi, kastuba liar mampu memiliki ketinggian di atas satu meter, sedangkan kastuba komersil ketinggiannya tidak lebih dari 50 centi meter.
Masing-masing tanaman hias ini memiliki kelebihan yang berbeda. Untuk fungsi tanaman pagar, kastuba liar jauh lebih baik karena bisa tumbuh dengan batang pohon yang lebih besar dan tinggi berbeda dengan kastuba komersil yang anatomi batang pohonnya relatif kecil dan pendek. Sedangkan untuk fungsi tanaman hias, kastuba komersil memiliki daun yang dominan lebih indah dan lebih cocok untuk dipilih sebagai tanaman hias dengan media pot bunga. Walaupun, penilaian keindahan untuk tiap individu tidaklah pasti, tergantung dari berbagai perspektif dan jiwa seni. Yang jelas kedua kastuba tersebut memiliki kelebihannya masing-masing.

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

Budidaya Bambu Hias Cukup Mudah

Indonesia memiliki banyak jenis bambu. Diantara keanekaragaman tersebut terdapat beberapa jenis bambu yang bisa dijadikan bambu hias d...

PALING POPULER