July 13, 2017

Rumput Gajah Mini Cocok Untuk Taman Satwa


Rumput gajah mini sering kita temukan di halaman rumah, halaman kantor suatu intansi, dan taman. Rumput gajah mini merupakan jenis rumput yang sangat cocok untuk dijadikan referensi anda jika anda hendak menghiasi halaman rumah agar nampak seperti karpet hijau dengan bunga bermekaran di sekelilingnya.
Selain cocok untuk ditanam di halaman, rumput gajah mini bisa ditanam di taman satwa tertentu. Seperti dalam poto di atas, rumput gajah mini tumbuh dalam hamparan luas dengan beberapa rusa yang sedang memakannya (Taman Uncal/Rusa Di Kantor Pemerintah Kabupaten Bandung).
Tentu, teknik menanam rumput gajah mini di taman satwa akan berbeda dengan di halaman rumah. Di taman satwa, rumput gajah mini ditanam dengan mengikuti kontur tanah yang dibuat sedikit bergelombang (ada yang rata dan ada yang sedikit menggunung). Hal ini sengaja untuk disesuaikan dengan binatang penghuni taman yang akan lebih betah bila taman di buat semirip mungkin dengan habitatnya (padang rumput).
Selain memiliki fungsi keindahan taman satwa, rumput gajah mini berfungsi sebagai rumput pakan binatang. Sehinggga binatang akan lebih terjamin pasokan pakannya. 
Berikut ini akan saya paparkan sedikit cara membudidayakan rumput gajah mini yang bisa dikatakan tidak terlalu susah. Alangkah lebih baik jika rumput ini ditanam pada waktu musim hujan, agar tanah lebih gembur dan akar rumput akan lebih cepat merambat. Lahan kosong yang akan ditanami rumput, sebaiknya digemburkan dahulu dengan dicangkul, kemudian tebarkan pupuk (baik pupuk kompos atau kandang). Usahakan agar pupuk yang ditebarkan bercampur secara merata dengan tanah. Langkah selanjutnya, diamkan tanah yang sudah gembur selama satu minggu. Setelah itu, ambil rumput gajah mini dengan ukuran persegi (5 x 5 cm) untuk ditanam di tanah dengan jarak optimal sekitar satu meter. Sesudah semua bibit rumput gajah mini ditanam, siram secara rutin sebanyak dua kali sehari. 
Berbeda dengan proses penanaman rumput gajah mini di taman satwa, jika anda ingin menanamnya di halaman rumah, usahakan permukaan rumput harus rata dengan cara menindih rumput tersebut dengan bilah papan. Baru setelah rata, lakukan pemeliharaan dengan penyiraman dan bisa juga diberikan pupuk urea dan NPK. Usahakan agar lahan tempat menanam rumput gajah mini terkena pancaran sinar matahari secara langsung agar rumput tumbuh ke samping dengan cara merambat. Bila di tanam di lahan yang kurang cahaya matahari, memungkinkan rumput gajah mini tumbuh menjulang ke atas secara tidak rata. 

2 comments:

  1. saya sudah mencoba menanam rumput ini di halaman kantor dan memang ketika sudah tumbuh, halaman kantor terlihat lebih rapi dan segar dipandang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuuup, bener Mas. Udara pun semakin seger ketika dihirup. Menambah kenyamanan saat bekerja, dan bikin betah di lingkungan kantor. Terima kasih Mas atas komennya. Slam sehat selalu. Amiin

      Delete

ENTRI UNGGULAN

Tanaman Hias Daun Mutiara (Pilea Cadierei)

Setelah mencari deskripsi untuk tanaman hias daun mutiara, tidak banyak situs yang menampilkan pemaparan tentang tanaman hias daun ini...

PALING POPULER