July 16, 2017

Manfaat Tanaman Hias Kaktus Centong


Bila mendengar nama tanaman hias kaktus, tentu pikiran kita langsung diarahkan pada imajinasi berduri, kering, gurun, dan sebagainya. Tak disangka tak diduga, tanaman hias ini ternyata mempunyai sejumlah manfaat yang luar biasa. Seharusnya sebagai umat manusia, kita tidak perlu heran karena Tuhan menciptakan mahluk disertai dengan manfaatnya. 
Berdasarkan hasil pengamatan penulis di daerah lokal (setempat), kaktus termasuk tanaman hias yang didiskriminasikan dan kurang disukai. Hal ini terbukti masih sedikit masyarakat kita yang menanam kaktus di depan rumahnya. Padahal kaktus termasuk jenis tanaman hias yang tidak merepotkan dalam hal perawatan. 
Dari hasil penelusuran penulis dalam mesin pencari google, terdapat lebih dari sepuluh blog dan media informasi lainnya yang menyebutkan bahwa kaktus bisa dimanfaatkan sebagai obat untuk mencegah dan penyembuhan diabetes melitus karena dalam tanaman ini terkandung banyak serat. Mencegah tubuh dari penyakit stroke karena kandungan pektin yang terdapat dalam kaktus centong (opuntia) mampu menurunkan kolesterol darah penyebab stroke. Lebih lanjut, dari hasil penelitian para ahli kaktus centong mengandung zat hialuronase yang berfungsi sebagai pelicin sendi sehingga kaktus centong bisa dimanfaatkan untuk mengobati peradangan tulang. Ditambah dengan manfaat bunga kaktus centong yang berkhasiat untuk mengobati penyakit prostat.
Tidak hanya berkhasiat obat, tanaman hias kaktus centong pun bisa dimanfaatkan sebagai bahan olahan makanan. Bagian daun dari katus ini bisa diolah menjadi tepung kaktus. Yang mencengangkan ada sejumlah keterangan yang menyebutkan bahwa daun muda dari kaktus centong bisa dijadikan sebagai olahan manisan. Sayangnya pemanfaatan kaktus centong sebagai bahan makanan masih kurang lazim di Indonesia, padahal di negara lain sudah dicoba. Dari informasi sementara, disebutkan bahwa kaktus centong ini bisa juga dimanfaatkan sebagai bahan olahan kosmetik karena banyak mengandung vitamin.
Di beberapa negara lain kaktus centong sudah benar-benar tanpa ragu dijadikan sebagai bahan olahan makanan (beberapa negara bagian Amerika dan Meksiko). Sedangkan di Indonesia Kaktus Centong masih sebatas dijadikan bahan makanan ternak. Menurut pendapat penulis, selain sejumlah manfaat yang telah dipaparkan di atas, kaktus centong juga sangat baik bila dijadikan sebagai tanaman pagar, mempunyai sejumlah duri pelindung yang baik untuk segi keamanan rumah dari gangguan orang yang berniat jahat.

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

Budidaya Bambu Hias Cukup Mudah

Indonesia memiliki banyak jenis bambu. Diantara keanekaragaman tersebut terdapat beberapa jenis bambu yang bisa dijadikan bambu hias d...

PALING POPULER