July 4, 2017

Tananam Hias Daun Kupu-Kupu


Saya mengkategorikan jenis tanaman ini pada kelompok tanaman hias. Walaupun memiliki bunga, namun mata kita akan terfokus pada keindahan daunnya yang mirip sekali dengan kupu-kupu yang sedang hinggap di suatu tempat dan mengepakan sayapnya. Bunga dari tanaman hias ini berwarna pink muda namun berbentuk kecil, sehingga kurang indah jika dibandingkan dengan daunnya.
Tanaman hias ini diperoleh dari tetangga yang dengan senang hati dan tanpa pamrih memberikannya. Betapa senangnya mempunyai tetangga yang baik. Saya sempat heran pada tetangga yang menyumbangkan bunganya di halaman rumah. Saya merasa malu, karena hampir dari 95 persen tanaman hias dan bunga di halaman rumah berasal dari mereka. Suatu saat, saya mencoba bertanya pada mereka, apakah tanamah hias dan bunga-bunga ini harus saya beli? karena hati ini merasa tidak enak. Mereka menjawab dengan tersenyum, "Kami memberikan tanaman hias dan bunga ini karena Si Aa (panggilan akrab dari tetangga) suka menyiram tanaman dan bunga".
Sungguh rezeki yang luar biasa ketika tetangga dengan tulus memberi banyak tanaman hias dan bunga kepada saya. Namun, saya tidak lantas berpuas diri, karena semua pemberian ini adalah titipan yang harus dijaga dan dirawat dengan baik.
Daun tanaman hias kupu-kupu berwarna ungu dengan sedikit corak garis-garis. Usia daun tanaman hias ini tidak lama, setelah daunnya rindang selama kurang lebih tiga bulan akan mengering dan harus digunting setiap bagian batanya agar tumbuh kembali. Berdasarkan pengalaman, saya sempat khawatir daun tanaman hias ini tidak tumbuh lagi setelah digunting. Ternyata, dua minggu kemudian daun tanaman hias ini bermunculan lagi dari tiap batangnya.

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

MiniTani Sebagai Solusi di Saat Pandemi

"Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman". Nah, itulah sekelumit lirik lagu "kolam sus...