July 14, 2017

Tanaman Hias Cocor Bebek


Tanaman hias cocor bebek mempunyai keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan jenis tanaman lainnya. Keunikan tersebut yaitu mampu berkembangbiak dengan vegetatif dan bertunas daun adventif. Vegetatif artinya perkembangbiakan dengan cara tidak kawin, bisa melalui stek dan sebagainya. Cocor bebek mampu mengeluarkan tunas adventif artinya memiliki kemampuan untuk menumbuhkan tunas daun tidak dari batang atau ketiak daun melainkan dari ujung daunnya.
Tanaman hias ini mengandung banyak air pada setiap helai daunnya. Sehingga mampu bertahan dari cuaca panas karena mempunyai cadangan air yang tersimpan. Media tanam yang cocok untuk cocor bebek adalah menggunakan pot bunga. Terdapat keindahan tersendiri, saat melihat munculnya daun-daun muda dari ujung daun yang besar. Sungguh salah satu tanda kebesaran Tuhan Yang Maha Kuasa, yang berhak menumbuhkan mahluk dengan cara apa pun yang Dia kehendaki.
Selain memiliki manfaat estetis (keindahan), cocor bebek mempunyai manfaat sebagai tanaman hias yang berkhasiat obat. Rebusan air dari daun cocor bebek bisa diminum untuk mengobati sakit kepala, batuk, sakit dada, dan untuk mengobati haid yang tidak lancar (teratur). Disamping memiliki sejumlah khasiat untuk mengobati penyakit dalam, cocor bebek mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit luar seperti bisul, borok, obat luka (baik luka bakar maupun goresan). Hanya saja cara penggunaan daun cocor bebek untuk mengobati penyakit luar berbeda dengan penyakit dalam. Untuk penyakit luar, cocor bebek dilumatkan dulu (dengan cara diulek atau digiling) kemudian lumatan dari daun tersebut bisa ditempelkan pada bagian kulit yang terserang penyakit atau luka.
Jika anda ingin membudidayakan tanaman hias cocor bebek, cara yang paling mudah adalah dengan melakukan stek pada daun yang memiliki tunas baru pada bagian ujungnya. Kemudian ditanam di tanah dalam pot tapi jangan terlalu dalam. Bagian tunas daun yang ditanam sangat baik untuk perkembangan budidaya yang lebih cepat dibandingkan mengambil batang daun yang belum bertunas.

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

Tanaman Hias Daun Mutiara (Pilea Cadierei)

Setelah mencari deskripsi untuk tanaman hias daun mutiara, tidak banyak situs yang menampilkan pemaparan tentang tanaman hias daun ini...

PALING POPULER