July 30, 2017

Anggrek Bulan Yang Terang Dan Indah


Anggrek Bulan (Moon Orchid) termasuk salah satu bunga yang ditetapkan sebagai Bunga Nasional Indonesia dengan sebutan bunga puspa pesona. Bunga anggrek jenis ini banyak tumbuh di negara tropis, tidak hanya di Indonesia tetapi ditemukan pula tumbuh dengan baik di negara tetangga seperti Malaysia, Philipina, Papua, hingga Austalia. Termasuk jenis anggrek epifit yang suka tumbuh menumpang pada pohon-pohon besar di sekitar hutan. 
Anggrek bulan memiliki morfologi daun hijau memanjang, dengan akar berwarna putih berdaging dan panjang, serta tangkai bunga yang panjang dengan warna bunga putih, ada juga warna campuran (kelopak putih dan mahkota ungu). Anggrek jenis ini termasuk tanaman monopodial, artinya jenis tanaman bunga yang hanya membutuhkan sedikit air dalam pertumbuhannya.
Anggrek bulan termasuk salah satu jenis anggrek pavorit para pecinta bunga. Selain dinilai dengan harga yang cukup tinggi, anggrek bulan mempunyai daya pikat warna putih terang bagaikan memancarkan cahaya. Harga anggrek bulan di pasaran untuk fase bibit sekitar 60 sampai 75 ribu rupiah. Sedangkan untuk anggrek dengan bunga yang sudah mekar bisa dihargai dengan nilai 165 ribu rupiah.
Dikarenakan habitat aslinya di pepohonan besar di sekitar hutan. Banyak para penggila anggrek memburunya sampai berhari-hari di hutan yang besar dan hutan liar. Itulah hobi, terkadang dengan hobi para pecinta anggrek ini berani mengorbankan banyak materi untuk mendapatkan bunga yang didamba. Memang, bibit yang diambil dari hutan akan tumbuh dengan lebih baik dan menghasilkan kelopak bunga yang lebih besar. Asalkan perawatannya disesuaikan dengan habitat asli (mulai dari suhu, sinar, dan air), maka anggrek ini akan tumbuh dan berbunga dengan baik sesuai harapan.
Tidak jauh berbeda dengan anggrek epifit jenis lain, cara perawatan anggrek bulan bisa dikatakan sama dengan anggrek lain. Hanya yang perlu menjadi catatan, penyiraman untuk anggrek bulan harus lebih jarang dibandingkan anggrek lain, karena sifat membutuhkan air yang sedikit sebagai ciri khas dari anggrek ini.
Coba anda perhatikan poto anggrek yang saya simpan di atas artikel ini. Warna terang menyala merupakan pancaran dari bunga anggrek bulan yang terkena cahaya matahari. Saya mengambil poto anggrek ini sekitar jam delapan pagi, ketika cahaya matahari belum begitu terang. Namun, hasil dari poto tersebut tampak terkena cahaya matahari penuh. Inilah yang menjadi kelebihan dari anggrek bulan yang terang dan indah.

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

Tanaman Hias Honje (Kecombrang) Dengan Manfaat Segudang

Saya mengkategorikan tanaman yang termasuk jenis sayuran ini ke dalam salah satu tanaman hias, karena bentuk bunga honje memiliki kein...

PALING POPULER