July 3, 2017

Tanaman Hias Cabe Apel


Cabe merupakan tanaman yang mendapat perhatian serius dari semua kalangan masyarakat. Bagaimana tidak, kebutuhan akan cabe selalu diperhitungkan dalam bisnis ekonomi baik individu maupun perusahaan. Bahan utama untuk olahan sambal, campuran bahan olahan sayuran, dan sebagainya.
Harga cabe tiap tahun selalu bikin sensasi yang fenomenal, seperti halnya harga jengkol dan petai. Walaupun bau, namun sangat diminati oleh kalangan masyarakat. Selain sebagai bahan konsumsi, cabe bisa mempunyai fungsi sebagai tanaman hias, salah satunya adalah cabe apel. 
Dalam artikel ini saya mengambil foto dari cabe apel yang masih muda, warnanya pun masih hijau. Bila cabe apel ini telah matang akan berwarna merah dengan bentuk yang unik menyerupai apel. Jenis cabe apel termasuk varietas tanaman hias yang langka. Hanya ada di beberapa daerah tertentu. 
Pada awalnya saya menanam sembilan pohon bibit cabe apel di pot bunga. Dengan keseriusan dan kesabaran saya berusaha untuk membudidayakan jenis cabe langka ini. Namun apa mau dikata, setelah berusaha maksimal, dari sembilan bibit cabe apel hanya tinggal satu pohon cabe yang bertahan dan tumbuh dengan baik.
Mungkin, ada perawatan khusus untuk jenis cabe yang berbeda yang belum saya pahami. Sehingga usaha untuk membudidayakan jenis cabe ini kuranga maksimal hasilnya. 

4 comments:

  1. Saya baru tahu ada varian cabe apel. Ini bisa dibeli bibitnya dimana ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mendapatkan bibitnya dari tetangga (minta)

      Delete
  2. Sy d rmh bnyk pohon cabe ini klo sore kena panas pasti layu sprti mati tpi klo besok pgi y seger kmbali, sngt rentan thd panas mknya harus bnyk disiram

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tepat sekali saya juga pernah melihat kondisi itu pada cabe apel. Tepatnya suhu dan pencahayaan harus dalam temperatur cukup. Tidak lupa pupuk dan air. Btw, rumahnya dimana? Saya mau beli dong cabenya kalau punya banyak

      Delete

ENTRI UNGGULAN

MiniTani Sebagai Solusi di Saat Pandemi

"Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman". Nah, itulah sekelumit lirik lagu "kolam sus...