July 29, 2017

Cara Merawat Anggrek Cattleya


Anggrek merupakan jenis tanaman hias/bunga yang memerlukan perawatan khusus. Dikatakan demikian karena jenis anggrek sangat sensitif terhadap bakteri dan berbagai penyakit tanaman, selain itu anggrek merupakan jenis tanaman hias yang sangat higienis (sehat) dan harus steril dari berbagai alat untuk merawatnya. Perlu diperhatikan mulai dari pot yang harus bersih, media tanam tidak mengandung unsur bakteri pengurai, dan sebagainya. Semua jenis anggrek sudah tentu harus dirawat dengan steril agar tumbuh dengan baik dan cepat berbunga. Tidak terkecuali dalam hal merawat Anggrek Cattleya.
Anggrek Cattleya merupakan jenis anggrek epifit (suka tumbuh menumpang pada tumbuhan lain), sehingga jika anda hendak menanamnya di halaman rumah yang terdapat pohon mangga, jambu, dan sebagainya untuk dijadikan tumpangan anggrek ini. Alangkah lebih baiknya anggrek ini ditanam di pohon tumpangan dengan diikatkan berdampingan dengan suplir. Berdasarkan pengamatan saya, anggrek epifit yang ditanam di media tanam yang mirip dengan habitat aslinya akan tumbuh dan berbunga dengan lebih baik dan cepat. 
Bagaimana jika kita tidak memiliki pohon sebagai tumpangan Anggrek Cattleya? Ya, tidak semua halaman rumah terdapat pohon. Jika permasalahannya demikian, anda bisa juga menempelkan anggrek jenis epifit ini pada tembok bagian yang kasar dengan cara diikatkan menggunakan tali yang dipaku sehingga si anggrek bisa menempel. Tidak hanya sebatas menempelkan saja, tentu harus anggrek jenis epifit akan sangat senang bila memiliki teman disisinya sebagai sahabat hidupnya. Pilih suplir, pakis, atau pun lumut dari pohon di sekitar tempelan anggrek tersebut.
Apakah anggrek epifit jenis Cattleya bisa ditanam dalam pot bunga? Jawabannya adalah tetap bisa. Dengan syarat jika hendak menanam anggrek jenis epifit Cattleya dalam pot harus diberikan kenyamanan pada tanaman tersebut. Sejumlah media tanam yang membuat bunga anggrek nyaman yaitu mencampurkan arang, jerami, bubuk kayu gergaji dan sabut kelapa pada media tanam dalam pot. Komposisi campuran yang dilakukan dengan dua jenis bahan tersebut. Bubuk arang yang sudah dihaluskan bisa menjadi dasar media tanam yang ditempatkan pada bagian bawah pot bunga dan bagian atasnya bisa menggunakan jerami atau bubuk kayu gergaji.
Tidak hanya sebatas cara menanam yang baik dibutuhkan perawatan yang intensif terhadap bunga Anggrek Cattleya. Adapun sejumlah perawatan yang bisa dilakukan agar bunga anggrek jenis ini tumbuh dan berbunga dengan baik yaitu sebagai berikut.
1. Kenali penyakit yang menyerang bunga anggrek
Dalam hal merawat bunga anggrek, alangkah baiknya bila kita mengenali sejumlah penyakit yang sering menyerangnya. Beberapa penyakit yang suka menyerang bunga anggrek yaitu bercak coklat pada daun anggrek akibat bakteri, daun anggrek layu, pembusukan pada akar anggrek, dan sebagainya.
2. Basmi penyakit pada anggrek dengan cara yang sesuai
Nah, setelah mengenali jenis penyakit pada anggrek Cattleya, kita diharapkan membasmi penyakit tersebut dengan cara yang sesuai agar tidak mengganggu morfologi dari anggrek yang ditanam. Misalnya, untuk penyakit bercak coklat pada daun, bisa dilakukan dengan cara memotong bagian daun yang terkena bercak, kemudian mengangkat anggrek dari pot bunga untuk dibersihkan potnya dan mengganti media tanam yang baru dan lebih steril. Untuk penyakit yang menyerang pembusukan akar bisa dilakukan dengan cara memindahkan anggrek tersebut ke pot lain yang lebih bersih dengan terlebih dahulu memotong akar yang busuk. Sedangkan untuk penyakit yang menyerang daun anggrek hingga layu, bisa disemprotkan fungsida secara rutin.
3. Tempatkan anggrek Cattleya pada tempat yang teduh tapi terkena cahaya
Maksudnya anggrek Cattleya berdasarkan habitatnya adalah jenis epifit yang tumbuh di batang pohon rindang. Sehingga menyukai tempat yang teduh, namun Si anggrek Cattleya akan merasa bahagia jika terkena cahaya matahari pagi selama 3 sampai 4 jam.
4. Siram Anggrek Cattleya Secara Teratur
Penyiraman tidak bisa dilakukan dengan sekehendak hati. Walaupun menyukai tempat yang lembab (15-35 derajat Celcius), anggrek Cattleya tidak baik jika disiram terlalu sering. Setiap interval penyiraman harus menunggu bagian media tanam pada anggrek kering sebelum disiram kembali. Akar dan bulb pada anggrek berfungsi untuk menyerap dan menyimpan cadangan air. Jadi jika disiram terlalu sering akan berpengaruh kurang baik.
5. Lakukan pemupukan dengan cara yang sehat.
Pupuk yang sehat bagi anggrek tentu pupuk yang steril dan terhindar dari bakteri. Dalam hal ini pupuk anorganik yang dijual di toko tanaman akan lebih baik disemprotkan seminggu sekali pada bunga anggrek. Usahakan tidak memakai pupuk kompos dan pupuk kandang, karena disinyalir dalam kedua jenis pupuk tersebut terdapat sejumlah bakteri pengurai yang kurang disukai bunga anggrek.
Demikian sejumlah cara merawat anggrek Cattleya yang bisa saya paparkan berdasarkan pengalaman. Cara tersebut bisa dipraktekan pada jenia anggrek lainnya. Semoga bermanfaat !

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

Keindahan Pada Corak Daun Jawer Kotok

Selama kurang lebih satu minggu, hujan turun hampir tiap hari. Alhamdulillah, rezeki yang luar biasa. Dengan air hujan, banyak sekali ...

PALING POPULER