September 30, 2017

Tanaman Hias Bunga Iris (Cantik Dan Berkhasiat Obat)


Selamat sore semuanya !
Salam sehat selalu, semoga Alloh Subhanahu Wata'ala senantiasa memberikan kita perlindungan. Aamiin. Kali ini saya akan sedikit berbagi ilmu tentang bunga iris. Apakah anda mengenal tentang bunga iris?
Sedikit saya paparkan, bahwa nama bunga iris berasal dari nama salah satu dewi yunani. Dewi Iris adalah lambang penyamapi pesan cinta bagi Bangsa Yunani saat itu. Entah jenis iris mana yang menjadi lambang penyampai pesan cinta tersebut, karena bunga iris mempunyai variasi warna, yaitu iris kuning, biru, ungu, putih, dan kuning. Setiap warna biasanya punya makna tersendiri.
Bunga iris merupakan salah satu jenis tanaman hias yang banyak diminati. Beberapa alasan dari keunikan bunga ini yaitu bentuk dan warna bunganya yang indah, cara menanam dan perawatannya sangat mudah, sangat jarang mendapat serangan hama tanaman (jika dibandingkan dengan bunga yang lain), ditambah bunga ini memiliki khasiat obat terutama pada bagian akar rimpangnya. Atas dasar alasan tersebut nilai jual bunga iris cukup lumayan. Untuk bunga iris yang sudah mengeluarkan bunga bisa dihargai dengan nilai sekitar 35 ribu hingga 50 ribu. 
Bunga iris termasuk jenis tanaman hias dengan bunga tahunan. Artinya, secara umum tanaman hias ini mengeluarkan bunga setahun sekali. Namun, dengan teknologi pertanian yang semakin canggih, dengan menggunakan obat perangsang tumbuhnya bunga, ada kemungkinan tanaman hias ini bisa berbunga setahun dua kali.
Cara budidaya dan menanam bunga iris cukup mudah. Anda bisa menggunakan akar rimpang (rizhoma) dari bunga ini untuk di tanam kembali pada media tanam yang memiliki drainase air yang baik. Artinya, tanah yang digunakan harus mampu mengalirkan air dan terserap dengan baik. Untuk mendapatkan kondisi tanah yang demikian, alangkah baiknya digunakan campuran pupuk kompos pada tanah yang dijadikan media tanam. Selain menanam dengan menggunakan akar rimpang, bisa juga digunakan biji dari bunga iris. Namun, untuk pengembangbiakan melalui biji dibutuhkan ketalatenan yang baik agar tanaman hias dapat tumbuh dengan hasil yang memuaskan.
Tanaman hias bunga iris sangat menyukai area tanam dengan penyinaran cahaya matahari langsung. Sangat baik bila bunga ini mendapat sorotan cahaya matahari selama 7 hingga 8 jam per hari. 
Selain indah dan mudah ditanam, tanaman hias bunga iris bisa dimanfaatkan bagian akar rimpangnya sebagai obat herbal. Berikut saya paparkan khasiat obat dari akar rimpang bunga iris.
1. Akar rimpang bunga iris bisa digunakan sebagai obat luar
Beberapa keluhan bisa disembuhkan dengan cara menggiling akar rimpang bunga iris untuk kemudian digunakan sebagai obat. Keluhan seperti sembelit, gusi bengkak, radang tenggorokan, dan bisul. Cara mengobati bisul bisa dilakukan dengan menggiling (diblender) akar rimpang bunga iris, kemudian tempelkan hasil gilingan tersebut pada bagian bisul. Tidak jauh berbeda untuk mengobati gusi bengkak pun dilakukan dengan cara yang sama yaitu menempelkan hasil gilingan akar rimpang pada bagian gusi yang bengkak. Begitu juga dengan sembelit, dengan cara menempelkan hasil blenderan akar rimpang hingga menyerupai bentuk bubur, tempelkan pada perut. Sebaiknya ditempel pada bagian pusar. Hanya sedikit berbeda pemanfaatan gilingan akar rimpang untuk mengobati radang tenggorokan. Hasil gilingan akar rimpang ditambah sedikit air, kemudian digunakan dengan cara kumur-kumur.
2. Akar rimpang bunga iris bisa digunakan untuk obat dalam (pemanfaatan dengan cara diminum)
Berbeda pada pemanfaatan akar rimpang bunga iris sebagai pemanfaatan obat dalam (dengan cara diminum). Keluhan seperti hepatitis, perut kembung, radang tenggorokan, sembelit, luka pukul, dan keseleo. Dengan cara merebus akar rimpang yang sudah dikeringkan dengan campuran air sebanyak 2 sampai tiga gelas. Banyaknya takaran akar rimpang bisa digunakan sebanyak 9 sampai 15 gram. Setelah air mendidih, kira-kira residu air tersisa sebanyak satu gelas, minumlah air rebusan tersebut ketika masih hangat.
Demikian paparan tentang tanaman hias bunga iris yang memiliki keindahan memukau (cantik) dan berkhasiat sebagai obat herbal. Semoga bermanfaat !

4 comments:

  1. Iri ini sama dengan bunga bakung ga ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu beda Mba Nisa. Kalau bunga bakung itu ukurannya besar, sdangkan iris ukurannya kecil. daunnya pipih sepanjang 30 cm, lebar 2-3 cm. ukuran bunga berdiameter 2,5 cm. Terima kasih

      Delete
  2. Replies
    1. Sekarang masih banyak? Untuk jenis warna ungu dan biru merupakan jenis iris yang langka. Lumayan harganya juga

      Delete

ENTRI UNGGULAN

Musim Kemarau? Jangan Lupa Menyiram Bunga !

Apa kabar sahabat bunga? Mudah-mudahan kita selalu berada dalam kondisi sehat, sehingga tetap bisa melakukan tindakan bermanfaat bagi ...

PALING POPULER