September 16, 2017

Nanas Pink Begitu Manis Dan Indah


Siapa yang tidak mengenal buah nanas. Jenis tanaman yang biasa dibudidayakan untuk bisnis buah-buahan ini pada umumnya berwarna hijau baik daun maupun kulit buahnya. Ditambah warna daging yang kuning dan rasa campuran antara manis dan asam. 
Pada tahun 2005 telah diluncurkan oleh para peneliti di Amerika Serikat (tepatnya di California), sebuah nanas dengan warna daun, kulit buah, dan daging buah yang berwarna pink. Nanas pink merupakan hasil rekayasa genetika dan telah mendapat izin keamanan dari badan pengawasan obat dan makanan di Amerika Serikat. 
Apakah jenis nanas ini sudah beredar di Indonesia? Ya, nanas pink sudah ada dan tersebar di Indonesia, namun belum menjangkau daerah perkampungan. Terbukti, walaupun sudah diluncurkan dalam kurun waktu yang cukup lama, tidak banyak masyarakat Indonesia yang mengenal jenis nanas pink ini. Bahkan, di pasar tradisional, masih sangat jarang jenis nanas ini dipasarkan.
Menurut pendapat saya, jenis nanas pink selain bisa dibudidayakan sebagai bahan konsumsi masyarakat, juga memiliki fungsi keindahan sebagai tanaman penghias halaman rumah. Bagaimana tidak, warna daun yang terdiri dari kombinasi hijau dan pink dalam garis yang berbeda membuat mata kita dimanjakan saat memandangnya. Terlebih, untuk buah nanas yang masih muda kulit buahnya berwarna pink penuh, tanpa campuran hijau dengan kelopak daun di ujung buah nanas berbentuk kecil, tentu sangat cocok untuk dijadikan tanaman hias di taman dan halaman rumah.
Coba anda perhatikan poto nanas pink yang saya ambil di depan sebuah masjid di daerah Cikancung Kabupaten Bandung. Ketika beres menunaikan ibadah shalat ashar (dalam perjalanan pulang dari daerah Soreang), saya menyempatkan duduk di teras halaman masjid. Sambil memandangi indahnya pemandangan hamparan sawah di sore hari yang begitu indah, saya sempat melirik pada sesosok tanaman berwarna pink yang belum pernah saya lihat. Awalnya, saya mengira bahwa jenis nanas pink ini adalah tanaman hias yang menyerupai nanas tapi bukan nanas yang biasa kita konsumsi. Karena rasa penasaran dengan jenis nanas pink ini, saya mencoba untuk mencari sejumlah informasi di mesin pencarian google. Ternyata didapatkan sejumlah informasi bahwa jenis nanas pink ini dapat dikonsumsi dengan rasa yang lebih manis dari nanas pada umumnya, karena sengaja dilakukan rekayaya genetika baik pada warna maupun rasa.
Sekian paparan saya tentang nanas pink. Semoga menjadi bahan insfirasi untuk dijadikan tanaman konsumsi dan tanaman hias di halaman rumah anda.

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

Bunga Cocor Bebek Sungguh Mempesona

Cantik. Satu kata yang tersirat dalam hati tatkala melihat bunga dengan warna merah marun. Bentuknya sebesar peluru dan lonjong. Maha ...

PALING POPULER