September 3, 2017

Tanaman Hias Philodendron Moonlight


Tanaman hias dengan daun yang lebar dan besar diberikan oleh seorang tetangga yang bernama Mak Ika di saat minggu pertama pindah dari kontrakan ke rumah baru. Saya mengangkatnya dengan sekuat tenaga karena tanaman hias ini tergolong sudah dewasa dan ditanam dalam pot yang besar. 
Sebelum menulis artikel ini, pikiran saya terbawa pada kenangan minggu pertama pindah rumah. Satu pot tanaman yang belum ada temannya. Saya mengira Mak Ika sebagai tetangga baru tidak akan berbaik hati memberi bunga dan tanaman hias dalam jumlah banyak. Satu hari setelah Philodendron Moonlight disimpan di halaman rumah, beliau memanggil dan menyuruh saya mengangkat sekitar sepuluh pot bunga untuk diberikan kepada saya. Antara rasa senang dan bingung. Saya mencoba bertanya dengan nada ragu pada Si Emak, "Mak, berapa semua harga tanaman hias ini?". Si Emak malah tersenyum, seraya menjawab, "Mak mah memberikan tanaman dan bunga ini tanpa berharap imbalan. Seandainya semua tanaman dan bunga ini dirawat dengan baik, Emak sudah merasa bahagia". 
Selalu terngiang dalam telinga saya pesan beliau agar saya merawat dan menyayangi bunga dan tanaman hias dengan cara yang baik. Sepintas permintaan merawat tanaman dan bunga dengan baik merupakan perkataan yang ringan dan mudah diucapkan. Namun, dalam realita kita suka dihadapkan pada rasa malas. Tidak mudah merawat tanaman dan bunga dengan baik. Dibutuhkan kesabaran, ulet, telaten dan yang terpenting kita harus merawat tanaman hias dan bunga dengan penuh kasih sayang. Karena pada dasarnya setiap mahluk ditugaskan oleh Tuhan untuk saling menyayangi satu sama lain, tak terkecuali dengan tanaman hias dan bunga.
Kembali pada tanaman hias Philodendron Moonlight. Tanaman hias ini sangat cocok ditempatkan pada area yang teduh namun tetap mendapat cahaya matahari. Bila ditempatkan di area dengan cahaya matahari yang terik, daun tanaman hias philodendron moonlight akan berubah warna menjadi kuning keputihan atau bahkan berubah menjadi kuning kecoklatan. 
Tanaman hias Philodendron Moonlight sangat cocok bila diberi penyiraman dengan intensitas dua kali sehari. Hal ini dilakukan mengingat karakter dari tanaman hias ini yang membutuhkan jumlah air dalam kadar sedang hingga banyak. 
Di pasaran, harga tanaman hias Philodendron Moonlight berada dalam kisaran 50 sampai 60 ribu untuk jenis tanaman hias yang berumur sedang. Berbeda dengan harga tanaman hias Philodendron yang sudah dewasa dengan ketinggian 50 sampai 70 centi meter yang bisa mencapai harga 80 sampai seratus ribu.
Dalam poto di atas, tampak tanaman hias Philodendron Moonlight dengan ketinggian sekitar 70 centi meter. Saya merawatnya dengan penuh kasih sayang dan perhatian khusus karena tanaman hias inilah yang pertama mengawali kecintaan saya pada berbagai jenis tanaman hias dan bunga.

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

MiniTani Sebagai Solusi di Saat Pandemi

"Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman". Nah, itulah sekelumit lirik lagu "kolam sus...