January 24, 2017

Hama Perusak Daun Tanaman / Bunga



Binatang Sejenis siput (keong) dengan nama dalam Bahasa Sunda "Tenggek" ada juga yang menyebut "Janggel" merupakan salah satu hama tanaman yang cukup tangguh melawan obat atau ramuna pembasmi hama. Hal, ini terbukti dari pengalaman saya dalam usaha membasmi hama ini menggunakan ramuan air tembakau yang direbus dicampurkan dengan ekstrak bawang putih yang sudah dihaluskan.


Kurang lebih dua minggu, saya berusaha melawan hama jenis siput ini dengan intensitas dua hari sekali. Alhasil, Si hama malah bertambah banyak. Padahal, ramuan air tembakau yang dicampur dengan ekstrak bawang putih yang sudah disimpan satu malam bisa mengeluarkan aroma bau yang luar biasa. Hehe

Hama jenis siput yang paling suka dengan daun tanaman biasa beraksi "makan malam" sekitar jam 08.00. Mereka muncul secara bersamaan untuk menyerang tanaman. Berikut saya ambil foto model "Janggel" yang sedang berfose: 

Ketiga model "Janggel" ini bagaikan pejuang tangguh ketika diserang dengan obat pembasmi hama, "Mati Satu Nyerang Sepuluh". Saya sempat kewalahan, karena hama ini mengeluarkan banyak lendir dari tubuhnya. Mungkin lendir yang dikeluarkan merupakan senjata pelindung mereka. Sungguh jitu, saya sempat geli melihatnya.
Bagi teman-teman yang mempunyai cara membasmi hama ini, tolong ditunggu infonya yaaaa? Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih



No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

MiniTani Sebagai Solusi di Saat Pandemi

"Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman". Nah, itulah sekelumit lirik lagu "kolam sus...