January 23, 2017

Tanaman Hias "Bambu Kuning"


Kali ini saya akan membahas tentang tanaman hias bambu kuning yang merupakan salah satu kekayaan tumbuhan di negara nan subur dan kaya akan ragam tanaman hias.
Saya sangat suka dengan bambu kuning, karena selain warnanya yang menarik juga sering dijadikan buah bibir "tanaman kaya akan mitos".

Awalnya saya sempat ragu ketika mau menanam bambu kuning, karena kritik dari tetangga yang bikin telinga memanjang. hehe. Apa Kata Mereka? Mereka menuturkan "Jangan menanam bambu kuning di depan rumah pamali!", saya hanya tersenyum. Komentar lain, "Itu bambu kuning tempat bersarangnya mahluk halus", saya hanya tersenyum. Saya kira hanya itu komentar dari masyarakat. Ternyata tidak, masih ada yang berkomentar, "Itu tanaman penangkal santet". hehe.

Saya sejenak berpikir, kenapa orang-orang begitu tabu untuk menanam bambu kuning? padahal, tanaman hias tersebut sudah hampir punah di bumi indonesia tercinta. Dengan tekad yang kuat dan tujuan yang lurus saya pun tanpa ragu langsung membeli pot bunga yang besar dan menanam bambu kuning.

Alhamdulillah, selesai juga. Perlu kita sikapi dengan bijak, bahwa semua mahluk diciptakan Allah SWT dengan tujuan dan manfaat yang banyak. Begitu pun dengan tanaman hias "bambu kuning", saya yakin pasti banyak manfaatnya, salah satunya sebagai tanaman hias yang indah. Masyarakat di negara kita terlalu kental dengan mitos yang merupakan kekayaan budaya bangsa. Tapi, jangan salah mitos yang diyakini tanpa dasar bisa menyesatkan aqidah lhooo.

Mitos merupakan kekayaan budaya, tapi jangan sampai merubah pola pikir dan akhirnya merusak keyakinan. Seperti komentar "bambu kuning itu tempat bersarangnya mahluk halus". Itu merupakan komentar yang menyesatkan, karena masyarakat bisa tersered dengan keyakinannya yang lebih mempercayai adanya mahluk halus daripada adanya Allah SWT. Ashtaghfirullahal 'adhiim.


No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

MiniTani Sebagai Solusi di Saat Pandemi

"Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman". Nah, itulah sekelumit lirik lagu "kolam sus...