January 29, 2017

SUDAHKAH ANDA MENYIRAM BUNGA HARI INI?

Selamat malam semuanyaaaa!
Mengawali pagi saya seperti biasa melakukuan rutinitas menyiram bunga. Satu persatu saya lihat dan amati mulai dari batang, daun dan tentu bunganya. Bagaimana dengan anda yang mempunyai taman di halaman rumah? sudahkah menyiram bunga hari ini?

Seperti halnya manusia bunga juga butuh kenyamanan dalam hidupnya. Kalau kita butuh sembako, maka tanaman pun butuh pupuk, air, dan tentunya pembasmi hama. Jangan sampai bunga-bunga yang anda tanam mengalami kekeringan, layu, dan akhirnya meranggas sampai mati. Jika itu yang anda lakukan berarti anda telah berbuat dhalim terhadap bunga.

Cukup disiram dua kali dalam sehari saat cuaca panas/kemarau. Kalau lagi musim hujan bisa disiram cukup satu hari saja apakah pagi atau sore. Itu yang saya lakukan tiap hari mengawali pagi ataupun sore setelah pulang kerja. Sesibuk apapun anda jangan biarkan mereka mati kekeringan. 

Perlu anda ketahui, bahwa turunnya hujan dan adanya air tanah di muka bumi ini tidak hanya untuk manusia. Melainkan ada hak yang sama bagi mereka. 

Bagaimana kalau lagi susah untuk mendapatkan air? misalnya saat kemarau panjang. Tidak perlu ribet. Gunakan air sehemat mungkin! Kita bisa menggunakan air bekas cucian beras, air bekas mandi, wudhu. Bahkan kalau tidak ada sama sekali (misalnya). Kita bisa menggunakan air urine yang ditampung di dalam wadah (untuk keadaan darurat). Memang terdengar jorok sih, tapi berdasarkan pengalaman leluhur dan para ahli pertanian, air urine dipercaya bisa menyuburkan tanaman termasuk bunga.

Ada juga tips bagi anda yang mempunyai cadangan air yang tidak cukup alias sedikit. Anda bisa memilah dan memilih jenis bunga/tanaman hias yang membutuhkan banyak air dan yang bisa bertahan dengan kadar air sedikit. Intinya, dalam keadaan susah air berikan air pada bunga/tanaman hias sesuai dengan kebutuhannya (menggunakan skala prioritas). Sebagai contoh kebutuhan air untuk jenis bunga mawar tentu beda dengan kaktus. Selamat menyiram !!!




No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

Keindahan Pada Corak Daun Jawer Kotok

Selama kurang lebih satu minggu, hujan turun hampir tiap hari. Alhamdulillah, rezeki yang luar biasa. Dengan air hujan, banyak sekali ...

PALING POPULER