January 31, 2017

INDAHNYA DAUN TANAMAN HIAS "PUCUK MERAH"


Tanaman hias Pucuk Merah mulai menjadi trend para pecinta bunga dan tanaman sejak tahun 2014 silam. Tanaman ini mempunyai keindahan tersendiri, khususnya keindahan daun pucuknya yang selalu berwarna merah bila diberi pencahayaan yang baik.

Tanaman hias ini bisa dibudidayakan dengan cara distek, dan pembenihan. Namun, dibutuhkan kesabaran yang tinggi jika kita akan membudidayakannya melalui pembenihan, karena pertumbuhan dari tinggi benih 5 cm sampai ketinggian 1 meter bisa membutuhkan waktu cukup lama,kurang lebih butuh waktu 11 bulan dengan perawatan dan pemupukan yang baik.

Tidak susah berburu jenis tanaman hias ini, karena di sepanjang jalan raya pun banyak pedagang bunga yang menjual tanaman hias ini. Harganya pun mulai terhitung murah jika dibandingkan dengan harga ketika awal ngetrend. Dulu Sekitar tahun 2014, harga Tanaman Pucuk Merah setinggi 1 meter sekitar Rp. 150.000,-. Jauh berbeda dengan harga sekarang yang turun drastis. Untuk tanaman yang tingginya 1 meter bisa mencapai harga Rp. 75.000,-

Berbeda dengan para pecinta bunga / tanaman hias "sejati". Mereka lebih memilih untuk membudidayakan Tanaman Pucuk Merah dari pembenihan. Hal ini dilakukan karena ada kepuasan tersendiri saat kita merawat bunga / tanaman hias dari titik "Nol". 

Saya sendiri mulai membudidayakan Tanaman Pucuk Merah dengan cara pembibitan dan stek. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bial terjadi kegagalan dalam perawatan. Dan, Saya sadar betul bahwa kecintaan pada tanaman his pucuk merah ini ada batasan dalam hal perawatan. Intinya, saya sebagai manusia biasa terkadang dengan kesibukan pekerjaan tidak terlepas dari penyakit "malas". Tapi, jangan sampai rasa malas itu menjalar bagaikan penyakit kanker yang menggerogoti tubuh. Satu yang bisa jadi obat malas adalah "kesadaran" untuk hidup lebih baik.



No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

Budidaya Bambu Hias Cukup Mudah

Indonesia memiliki banyak jenis bambu. Diantara keanekaragaman tersebut terdapat beberapa jenis bambu yang bisa dijadikan bambu hias d...

PALING POPULER