January 30, 2017

LESTARIKAN JENIS BAMBU DI INDONESIA

Alam indonesia sangat kaya dengan berbagai jenis flora dan fauna. Salah satu kekayaan flora Indonesia adalah berbagai jenis bambu yan terhitung cukup banyak. Tidak kalah oleh Negeri Tirai Bambu, Indonesia pun memiliki banyak jenis bambu dan bisa dibilang unik jenisnya. Di sini penulis hanya bisa menyebutkan beberapa jenis saja karena keterbatasan pengetahuan, diantaranya: bambu kuning, bambu gombong, bambu tali, bambu hitam, bambu haur hijau, bambu temen, bambu buluh, dan tentunya masih banyak lagi.

Bambu merupakan jenis tanaman yang memiliki nilai sejarah yang tinggi. Masih ingatkah Anda bahwa dalam Mata Pelajaran Sejarah di sekolah (dulu), dipaparkan bahwa pejuang Indonesia menggunakan bambu runcing untuk melawan penjajah dalam perang. Subhanalloh, hanya berbekal senjata bambu runcing, Para Pejuang Indonesia banyak meraih kemenangan waktu itu. Pepatah mengatakan "Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah".

Sungguh ironis dengan kata pepatah tadi, berapa banyak kebun bambu yang telah rata menjadi area perumahan, pabrik, jalan raya, dan sebagainya. Sebagai contoh, dulu saya sering melihat jenis bambu kuning banyak tumbuh di kebun-kebun, pinggir jalan, kolam, dan sawah. Sekarang jenis bambu ini bisa dikatakan langka, dan hampir hilang di tiap daerah. Tambah lagi dengan jenis bambu hitam, saat ini jauh lebih langka daripada bambu kuning.

Mari kita introspeksi diri, dengan melihat berbagai jenis manfaat pohon bambu. Sebenarnya kita tahu banyak barang-barang perabot rumah tangga yang terbuat dari bambu, saya sebutkan dalam Bahasa Sunda : ayakan, boboko, aseupan, rancatan, hihid, telebug, tolombong, dll. Ditambah nilai manfaat bambu bisa dibuat berbagai jenis barang kerajinan tangan dan alat musik. Manfaat lain pohon bambu ditinjau dari sisi ekosistem adalah bisa dijadikan tanaman penyangga tanah, penyimpan cadangan air, dan penstabil suhu udara di sekitarnya. 

Sebenarnya, leluhur Bangsa Indonesia adalah orang-orang yang sangat menghargai alam dan menerapkan pola hidup sehat. Hal ini terbukti dari berbagai bukti sejarah dan bukti kehidupan nyata suku-suku pedalaman yang ada di Indonesia saat ini. 

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

Budidaya Bambu Hias Cukup Mudah

Indonesia memiliki banyak jenis bambu. Diantara keanekaragaman tersebut terdapat beberapa jenis bambu yang bisa dijadikan bambu hias d...

PALING POPULER