August 9, 2017

Tanaman Hias Honje (Kecombrang) Dengan Manfaat Segudang


Saya mengkategorikan tanaman yang termasuk jenis sayuran ini ke dalam salah satu tanaman hias, karena bentuk bunga honje memiliki keindahan tersendiri. Nama lain dari honje adalah kecombrang, siantan dan sebagainya. Banyak sebutan untuk tanaman ini sesuai dengan istilah daerah yang berbeda. Nama ilmiah dari honje adalah Etlingera Elatior. Tanaman ini mempunyai segudang manfaat yang sudah banyak dipaparkan oleh para ahli tanaman obat, ahli kuliner, dan tentu para pecinta tanaman hias.
Honje biasa digunakan sebagai bahan campuran sayuran, karena memiliki rasa yang enak dan aroma wangi yang khas. Ambil contoh di daerah Jawa Barat, honje sering digunakan sebagai campuran sayur kacang merah dan lalapan untuk sambal. Di daerah lain, honje sering dimanfaatkan sebagai bahan campuran pecel. 
Selain sebagai bahan makanan (Sayuran) honje bisa berfungsi sebagai tanaman hias. Bentuk bunga menyerupai gasing terbalik, dengan warna merah muda cukup menarik pandangan mata dan menyegarkan orang yang melihatnya.
Khasiat obat dari honje lebih banyak lagi dibandingkan dengan jenis tanaman hias lain, berikut saya paparkan sejumlah khasiat dari tanaman ini.
1. Honje mengandung aroma wangi penghilang bau badan dan bau amis
Aroma yang terdapat pada daun dan bunga honje akan sangat tercium dengan tajam jika kita menumbuk atau melumat bagian bunga dan daunnya. Untuk anda yang mempunyai aroma bau badan yang menyengat, honje bisa dijadikan alternatif deodoran alami. Cukup dengan menumbuk bunga atau pucuk dari daun tanaman ini, kemudian dibalurkan pada ketek dan badan setiap habis mandi. 
Selain mengurangi bau badan, bunga honje bisa dijadikan sebagai penghilang bau amis pada ikan atau pun daging. Nah, sebentar lagi akan tiba Hari Raya Idul Adha dimana banyak binatang ternak yang disembelih untuk dibagikan dagingnya. Terutama untuk menghilangkan bau dari daging domba yang menyengat, bunga atau bisa juga menggunakan pucuk daun dari honje digunakan untuk menetralisir bau yang melekat pada daging binatang kurban ini.
2. Honje mengandung kalium yang tinggi
Kalium sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai zat untuk menyerap giji dari makanan yang kita konsumsi. Bila anda memiliki anak dengan gizi buruk, tentu diperlukan banyak kalium sebagai zat yang bisa memperlancar penyerapan gizi. Bunga honje dalam hal ini bisa dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk makanan anak anda.
3. Honje mengandung banyak kalsium
Dalam bunga maupun pucuk daun honje terdapat kandungan kalsium yang tinggi. Kalsium sangat bermanfaat untuk penguatan tulang. Terlebih untuk anak dalam masa pertumbuhan. Dengan asupan kalsium yang tinggi tentu pembentukan tulang akan lebih kuat dan terhindar dari keropos. Tidak hanya pada anak-anaka, asupan kalsium sangat dibutuhkan pulan oleh orang dewasa dan lansia, untuk mencegah osteoporosis.
4. Honje mengandung zat fosfor untuk penguat gigi
Bila anda mempunyai gigi yang rapuh, tentu dengan mengkonsumsi honje secara berangsur gigi anda akan menjadi lebih kuat, karena kandungan zat fosfor dalam bunga honje cukup tinggi.
5. Honje bisa dijadikan obat asam lambung
Penyakit asam lambung (mag), sangat mengganggu aktivitas anda dalam keseharian. Bahkan, untuk pengidap asam lambung yang sudah kronis sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi bunga honje sebagai obatnya. Selain dengan cara yang mudah, bisa dikonsumsi sebagai sayuran, bisa juga anda rebus bunga honje untuk diminum airnya. Cukup dengan meminum air rebusan sebanyak 3 kali sehari, penyakit asam lambung anda akan berangsur sembuh.
6. Honje bermanfaat sebagai penambah selera makan
Seperti halnya yang terdapat pada daun pucuk pepaya, pucuk daun dan bunga honje bisa dijadikan sebagai bahan olahan penambah selera makanan. Para ahli kuliner sudah tidak meragukan lagi manfaat honje sebagai bumbu rempah yang sangat baik sebagai penyedap dan penambah selera.
7. Honje mengandung kadar lemak yang rendah
Nah, ini dia sebuah manfaat yang cukup fantastis. Dikatakan demikian, karena dalam poin nomor enam disebutkan honje sebagai penambah selera makan dan di sisi lain bisa digunakan sebagai makanan untuk penurun berat badan karena memiliki kandungan lemak yang rendah. Cukup unik, dalam satu jenis tanaman memiliki dua fungsi yang berlawanan.
Itulah sejumlah khasiat dari tanaman hias honje. Masih banyak manfaat lain tanaman ini dalam hal khasiat obat, seperti untuk mengobati penyakit jantung, mencegah penyakit kanker, dan menyuburkan pertumbuhan rambut karena tanaman hias ini mengandung zink yang baik untuk penyubur rambut.
Saya yakin, masih banyak manfaat dan khasiat dari tanaman hias honje yang masih belum ditemukan oleh para ahli. Baik ahli tanaman obat (herbal) maupun para ahli kuliner.

11 comments:

  1. In today's world, where folks are so time conscious, it will not be
    a great idea to waste a lot amouht of time in visiting different shops to find a fantastic part of contemporary stryle furniture for your
    house or office. The benchmark ones are
    the ones which are high on demand and firms like buying because of this stuff
    as a result of ther glorious conceived quality and magnificence.
    Sometimes the legs would bbe fitted with locking hinges that willl secute their hold to bottom from the furniture especially when it really is folded and
    them straight otherwise.

    ReplyDelete
  2. Also, the quantity of room decor available reaches to paintings,
    room decals, night lamps, as well as dresser knovs featuring many of the movie's key characters to say a few.
    It is advised you have to custmize the water of the fountain regularly.
    All of these splendid choices will offer major resale opportunities once the home dwellers place their abodes for the open propertyy market.

    ReplyDelete
  3. This will allow you to match the enhtire kind of your garden furniture and the surroundings oof your deck area.

    Aluminum generally won't rustt therefore it iis a good beet
    that your particular umbrella will be able to be
    used for many years. Thhis naturally lets you protect
    yourself from intense sun, wind, as well as other comlonents of the weather, it also gives an additional touch of design and dcor in your otdoor living environment.

    ReplyDelete
  4. The earliest versions of tables were often a simple plank or smooth surface lacking our modern day concepts of legs and complimentary chairs.
    Get a drop-leaf table for a small-sizeliving area and
    adjust as outlined by your needs. Using the
    Current Situation - If you know what iss occurring
    in the present furniture market, this can be information to your advantage
    to save cash yet still receive the pieces of furniture that you just want.

    ReplyDelete
  5. Sink, preparation area plus the kitchen area are counted within tthe kitchen worktops.
    Other compared to wonderful styles and form of folding screen, their ppractical functionaloty is one of the most prominent options that come with
    these devices. For sure there's one available that may fit
    your unique taste and tight or richh budget,
    you should be patient and search around.

    ReplyDelete
  6. In case oof office, a properly furnished office plays same way to its client satisfaction. It is among the more premium
    brands, buut there are a minimum of two other quality brands worth noting.
    No matter what your cokor or design scheme, you will find an oriental
    rug to fit it, given that they come in every imaginable color and design.

    ReplyDelete
  7. These forms of fountains develop the re-circulating
    water pump which is soo soothing that you will certainly still ffind it being quite great.
    To really "home run" a clear mirror vision, I enlist the help of
    my dear friend Lao-tzu (okay inside my dreams we have conversed attop a mountain on many every day) offering
    hiis beautiful message along with a Soull to Soul Reminder which has been posted in our home for more than sixteen years.
    The ony problem is that you must call in a specialist to do the install along wiyh tthe eliminating the wall mirror, afterwards.

    ReplyDelete
  8. Trata-se de um sonido que unicamente paciente pode ouvir.

    ReplyDelete
  9. Várias das causas mas prováveis estão listadas abaixo.

    ReplyDelete
  10. Poucas das causas mais prováveis estão listadas aquém.

    ReplyDelete
  11. Médico acha pasmante não apresentar perda auditiva.

    ReplyDelete

ENTRI UNGGULAN

MiniTani Sebagai Solusi di Saat Pandemi

"Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman". Nah, itulah sekelumit lirik lagu "kolam sus...