August 26, 2017

Bunga Nyonya Nyeupah Begitu Indah


Selamat pagi sahabat semua ! Semoga kita senantiasa ada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. Amin !
Kali ini saya akan membahas tentang Bunga Nyonya Nyeupah yang bermekaran begitu indah, walau berada dalam cuaca yang gerah (kemarau). 
Sedikit saling mengingatkan, walau dalam musim kemarau bunga-bunga di taman akan tumbuh dengan baik bila kita merawatnya dengan hati. Mereka adalah mahluk ciptaan Tuhan yang harus dipertanggungjawabkan jika kita hendak menanamnya. Jika anda malas menyiram bunga, dan hanya mengandalkan penyiraman dari musim hujan, sebaiknya jangan menanam bunga karena anda telah menelantarkannya.
Dalam poto di atas, tampak bunga nyonya nyeupah yang begitu indah. Warna putih di bagian kelopak bunga, dan muncul warna merah di bagian putik bunga mempertegas keindahan jenis bunga ini. Hanya saja, anda harus memperhatikan secara rutin bagian pucuk daun dari bunga ini. Tekstur dari batang yang merambat di bagian ujung dan daun yang lunak menjadi makanan pavorit para ulat.
Bunga nyonya nyeupah mempunyai nama yang berbeda sesuai sebutan daerah masing-masing di Indonesia. Istilah nyonya nyeupah, merupakan sebutan yang biasa di pakai oleh masyarakat Jawa Barat (Sunda).
Perawatan untuk bunga nyonya nyeupah tidak jauh berbeda dengan jenis bunga yang lain. Penggantian tanah dalam pot setiap tiga bulan sekali perlu dilakukan untuk menjaga tingkat kesuburuan tanah. Walau pun diberi pupuk secara rutin, namun bila tanah dalam pot tidak diganti kesuburannya akan berkurang bahkan akan berubah menjadi tanah padat karena seringnya penyiraman dan penyinaran matahari. Hal ini saya sebutkan berdasarkan pengalaman dalam menanam bunga.
Satu hal yang tidak boleh lupa dalam menanam bunga nyonya nyeupah adalah karakter batang bunga ini yang merambat. Karena pertumbuhan batangnya yang merambat, ada baiknya bila diberi kawat di sekitar batang utama sesuai dengan arah yang diinginkan. Dengan menggunakan kawat tersebut arah batang dan daun akan lebih teratur dan bunga yang dihasilkan bisa membentuk pola rangkaian kawat.
Demikian sedikit pengalaman saya dalam menanam dan merawat bunga nyonya nyeupah. Semoga ada manfaatnya !

1 comment:

  1. Vou ter que desativar este chat até resolver isto.

    ReplyDelete

ENTRI UNGGULAN

Bunga Cocor Bebek Sungguh Mempesona

Cantik. Satu kata yang tersirat dalam hati tatkala melihat bunga dengan warna merah marun. Bentuknya sebesar peluru dan lonjong. Maha ...

PALING POPULER