January 10, 2018

Bunga Pukul Sembilan


Jika seseorang bangun tidur pukul sembilan, bisa dipastikan orang tersebut malas. Bagaimana tidak, pukul sembilan adalah saat ketika aktivitas pekerjaan sudah berjalan satu hingga dua jam. 
Kali ini saya tidak akan membahas orang yang bangun tidur kesiangan. Tapi, saya akan memaparkan jenis bunga yang unik, yaitu bunga pukul sembilan
Portulaca Grandiflora merupakan nama latin untuk bunga pukul sembilan. Bunga ini memiliki batang dengan daun tunggal berukuran lebih tebal dari batang korek api. Bunga ini tidak membutuhkan penyiraman dengan intensitas tinggi, karena di dalam daun tersimpan cadangan air. 
Nama paling populer untuk bunga ini yaitu bunga pukul sembilan. Mungkin karena proses mekar sempurna dari kelopak bunga terjadi sekitar pukul sembilan. Sedangkan setelah matahari beranjak terbenam, sekitar pukul empat sore, bunga ini akan tampak seperti layu.
Ragam warna dari bunga pukul sembilan cukup bervariasi. Terdapat warna merah keunguan, merah muda, putih, orange, dan kuning. Sepintas bentuk dari kelopak bunga pukul sembilan mirip dengan bunga ros, hanya saja ukuran kelopak bunganya lebih kecil.
Cara perkembangbiakan bunga pukul sembilan cukup mudah, terutama bila dilakukan dengan teknik stek batang. Bisa juga kita menggunakan biji bunga ini untuk perkembangbiakan. Namun, bila kita menggunakan biji untuk menanam bunga pukul sembilan, prosesnya akan lebih lama dan resiko tidak tumbuh lebih besar. Hal ini bisa disebabkan karena bentuk biji bunga pukul sembilan berukuran kecil, sehingga memungkinkan terbawa aliran air hujan setelah ditanam. 
Selain memiliki keindahan yang mempesona, bunga pukul sembilan memiliki khasiat obat. Diantaranya bisa digunakan untuk obat pelancar peredaran darah, sakit tenggorokan, memar, luka bakar, dan radang kulit. Semua bagian dari bunga ini bisa digunakan untuk bahan obat. Kita bisa menggunakan bagian akar, batang, daun, dan kelopak bunga.

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

Musim Kemarau? Jangan Lupa Menyiram Bunga !

Apa kabar sahabat bunga? Mudah-mudahan kita selalu berada dalam kondisi sehat, sehingga tetap bisa melakukan tindakan bermanfaat bagi ...

PALING POPULER