September 27, 2017

Cara Budidaya Bunga Tapak Dara


Beberapa bulan yang lalu saya pernah menulis tentang bunga tapak dara secara umum dengan gambar postingan tapak dara warna ungu. Saat ini, saya akan berbagi pengalaman seputar bunga tapak dara putih. 
Bunga tapak dara putih tidak kalah indanya dengan jenis tapak dara warna yang lain. Satu hal yang sangat mengagumkan dari bunga tapak dara putih yaitu warna putih terang yang sangat mencolok, ditambah bila tersorot sinar matahari bunga ini nampak menyilaukan mata seakan memancarkan sinar keindahan yang unik.
Saya mengambil poto dari bunga tapak dara putih yang ditanam oleh tetangga. Tentu, saya mengambil poto dengan izin terlebih dahulu. Sekecil apa pun hal yang akan kita lakukan, bila berhubungan dengan milik orang lain, tentu kita harus meminta izin. Itulah yang akan menjaga keharmonisan antar sesama umat manusia.
Saya mengamati bunga tapak dara punya tetangga sejak masa pembibitan. Awalnya, bunga ini dikembangbiakan dari biji yang disemaikan pada polibag atau pot bunga. Perawatan bibit bunga perlu dilakukan secara seksama karena sangat menentukan kualitas pertumbuhan pada tahap berikutnya. 
Ada kelebihan tersendiri jika kita membudidayakan bunga tapak dara dari biji bunga dibandingkan dari cara stek batang. Pertumbuhan batang, daun, dan bunga hasil pengembangbiakan dari biji akan lebih maksimal dibandingkan dengan cara stek batang. Hal ini saya sampaikan berdasarkan hasil pengamatan sementara. Tetangga saya mengembangbiakan tapak dara putih dari biji, sedangkan saya mengembangbiakan tapak dara ungu dari cara stek batang. Keduanya dilakukan dengan langkah yang baik, mulai dari pemupukan, penyiraman dan pencahayaan. Namun, setelah diamati hasil dari kedua cara pengembangbiakan tersebut, ternyata pengembangbiakan dengan cara pembibitan dari biji jauh mendapatkan hasil yang maksimal.
Pada paparan di atas saya menyebutkan bahwa cara pengembangbiakan dengan biji jauh lebih unggul untuk hasil sementara, karena tidak bisa dijadikan patokan atau kesimpulan, karena pengamatan dan uji coba baru dilakukan pada satu jenis tanaman. Tidak menutup kemungkinan pengembangbiakan dengan cara stek batang akan jauh lebih unggul dibandingkan dengan pengembangbiakan melalui biji pada jenis bunga yang lain.

1 comment:

  1. Hello There. I found your blog the use of msn. This is an extremely
    smartly written article. I will make sure to bookmark it and return to read more
    of your useful info. Thanks for the post. I will definitely
    comeback.

    ReplyDelete

ENTRI UNGGULAN

MiniTani Sebagai Solusi di Saat Pandemi

"Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman". Nah, itulah sekelumit lirik lagu "kolam sus...