September 26, 2017

Bunga Liar Mirip Evening Primrose


Apa kabar semuanya? Semoga selalu dalam keadaan sehat dan lindungan Tuhan. Aamiin. Kali ini saya akan memposting sebuah artikel singkat mengenai sebuah jenis bunga liar namun memiliki keindahan yang mempesona.
Saya mengambil poto dari bunga ini sekitar satu minggu yang lalu di pagi hari. Sepulang belanja dari warung, saya melihat ada bunga warna kuning di pinggir sawah. Saya amati ketinggian pohonnya sekitar satu meter dengan cabang yang banyak, daun berbentuk oval meruncing di bagian ujungnya. Di sekitar tangkai daun dan bakal bunga muncul bulu halus.
Saya mengamati bunga yang belum dikenal ini dari jarak dekat. Terdapat empat kelopak bunga dengan putik bunga ditengah dan di bagian pinggir putik terdapat semacam bakal daun berwarna hijau. Tiga keunggulan yang meliputi kelopak berjumlah empat, putik mengumpul di tengah, semacam bakal daun mengelilingi putik tentu sangat menambah keindahan dari bunga ini.
Seperti biasa, ketika menemukan jenis bunga baru, saya selalu merasa penasaran untuk menemukan dan mencari tahu namanya. Saya bisa duduk dua sampai tiga jam di depan layar komputer untuk menemukan nama bunga tersebut. Ketika menemukan nama dan jenisnya, saya selalu merasa lega karena bisa membuat artikel untuk diposting dengan rasa yang lebih tenang. Mungkin karena hobi saya terhadap bunga tidak pernah surut. Ditambah, ketika kita menulis artikel tentang bunga dan dipaparkan dengan nama dan penjelasan yang akurat tentu akan sangat berpengaruh pada kualitas tulisan.
Saya mencari padanan gambar yang sesuai dalam mesin pencari google. Sepintas sangat mirip dengan bunga evening primrose (Oenothera Biennis). Sama dengan evening primrose, bunga ini memiliki empat kelopak bunga, putik bunga terkumpul di tengah, namun satu hal yang sangat membedakan dan membuat saya ragu kalau jenis bunga ini adalah evening primrose yaitu bahwa bunga evening primrose hanya mekar di malam hari. Sedangkan saya menemukan bunga ini mekar di pagi hari. 
Seandainya bunga ini adalah evening primrose, tentu saya akan sangat bahagia, karena jenis bunga evening primrose memiliki banyak khasiat obat. Bahkan, dalam pengobatan herbal telah banyak dijual jenis minyak kapsul Evening Primrose Oil (EPO). 
Bagi anda para pecinta bunga atau siapa pun yang membaca artikel ini dan mengetahui nama dari jenis bunga pada gambar, silahkan berbagi ilmu dengan menuliskannya di bagian komentar. Terima kasih

No comments:

Post a Comment

ENTRI UNGGULAN

MiniTani Sebagai Solusi di Saat Pandemi

"Orang bilang tanah kita tanah surga, tongkat kayu dan batu jadi tanaman". Nah, itulah sekelumit lirik lagu "kolam sus...